Catatan Cinta Pertama Pablo Picasso
Melalui Fernande Olivier, kita mengenal sosok maestro yang gila kerja dan pencemburu.
18 Feb 2013


Dengan kemampuan menulis yang baik dan kejelian mencatat detail peristiwa, Fernande Olivier membagi pengalaman hidupnya bersama Pablo Picasso (1881-1973), maestro seni rupa dunia asal Spanyol ini, dalam prosa yang menawan, Loving Picasso: The Private Journal of Fernande Olivier.  Terbit pada bulan Mei 2001, buku ini mengungkap hal-hal yang paling berharga dan paling menyedihkan dari sebuah roman sembilan tahun. Olivier bertemu Picasso pada 1904 yang tinggal di bangunan yang sama dengannya di Paris, menjadi modelnya  dan akhirnya menjadi kekasih.

Para kritikus sepakat bahwa rentang waktu kebersamaan mereka merupakan periode penciptaan dari sejumlah mahakarya Picasso. Olivier menggambarkan Picasso sebagai penggila kerja, memiliki selera tinggi dan membelanjakan uangnya untuk barang-barang bagus.   

Namun Picasso pencemburu buta. Ia sering mengunci Olivier dalam rumah tiap kali akan bepergian. Suatu hari terjadi kebakaran dan Olivier yang malang terjebak dalam ruang terkunci. Picasso entah di mana. Keadaan di luar penuh gaduh oleh kepanikan tetangga. Olivier selamat setelah pintu rumah didobrak.  Hubungan yang penuh turbulensi itu berakhir, tapi Picasso mengabadikan Olivier dalam lukisan dan patung karyanya. (LC), Sumber: Amazon, Foto: Corbis

 

Author

DEWI INDONESIA