Ernst & Young Entrepreneurial Winning Women 2013 Mencari Sang Pemenang
Pendaftaran untuk penghargaan ini telah dibuka.
28 Mar 2013


Di abad ke-21 ini, perempuan  mempunyai  banyak peluang  untuk mengembangkan diri dan minatnya. Meskipun begitu, Selvi Nurlia masih memiliki kendala lain, di luar urusan gender. Sebagai orang “daerah”, ia merasa tak punya jaringan untuk mengembangkan usaha. Modalnya juga terbatas. Perempuan asal  Pulau Batam ini awalnya ragu dapat mengembangkan penjualan ‘kek pisang’ buatannya hingga diminati pembeli di luar kota dan pulau. Tapi di tahun ini ia sudah memiliki 13 cabang Kek Pisang Villa Batam, termasuk yang berada di luar Batam.  Peluang usahanya makin terbentang luas setelah ia meraih penghargaan untuk perempuan wirausaha Ernst and Young Entrepreneurial Winning Women 2010. 

Di sisi Selvi, Riezka Rahmatina ikut menuturkan suka-dukanya berbisnis pisang ijo,  kuliner khas Makassar. Ia memulai usahanya dengan modal Rp 150 ribu.  Pemicunya, ia prihatin melihat keadaan orangtuanya. Mereka menghabiskan waktu setiap hari di kantor dan bergaji kecil, juga tak punya banyak waktu untuk keluarga.  Dengan memiliki usaha, Riezka dapat mengatur waktunya sendiri.  Mengapa pisang ijo? “Karena saya suka makan, terutama kue-kue tradisional,” ujarnya, seraya menambahkan bahwa ia sudah membuka 9 restoran pisang ijo dan punya  kebun pisang sendiri. Riezka meraih Ernst and Young Entrepreneurial Winning Women tahun lalu.

Kisah-kisah ini menyertai peluncuran Ernst and Young Entrepreneurial Winning Women 2013 yang berlangsung pada 20 Maret 2013 lalu di The Financial Club, Graha CIMB Niaga, Jakarta. 

Ernst & Young adalah perusahaan global yang bergerak di bidang pelayanan profesional dan selama ini dikenal sebagai perusahaan audit terkemuka. Untuk memperoleh nama-nama yang layak dicalonkan, Ernst & Young antara lain menerima  usulan dari berbagai pihak, termasuk dari Wanita Wirausaha Femina, sebuah penghargaan yang diselenggarakan Feminagroup untuk pengusaha kecil dan sudah ada lebih dulu. 

Kriteria calon Ernst and Young Entrepreneurial Winning Women? Perempuan wirausaha  (atau pendiri atau rekan pendiri perusahaan) yang laporan penjualan produknya sebesar Rp 10 milyar dalam dua tahun terakhir.  Pendaftaran dibuka sampai Juni 2013. Untuk informasi lebih rinci, sila mengirim e-mail ke: [email protected].  Foto: Dok Ernst & Young

 

Author

DEWI INDONESIA