Gelar Batik Nusantara
Sudah punya rencana akhir pekan? Kunjungi bazaar yang menyuguhkan khasanah kain berharga negeri ini.
19 Jul 2013


Suasana peluncuran buku Benang Raja Menyimpul Keelokan Batik Pesisir.
1 / 2
Tak hanya pencinta batik, Anda yang awam pun akan senang bertandang ke Gelar Batik Nusantara (GBN)  yang diadakan di Plenary dan Assembly Hall Jakarta Convention Center ini. Sebab selain ratusan peserta bazaar yang produknya bisa Anda bawa pulang, ada pula berbagai gerai yang memperlihatkan pada Anda kekayaan khazanah batik Nusantara.

Ajang yang diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono  pada Rabu (17/7) dan dimulai penyelenggaraannya pada tahun 2000 ini bertujuan untuk merayakan hari jadi Yayasan Batik Indonesia (YBI). Tahun ini, GBN mengambil tema “Innoquality” yang dalam arti luas mencakup aspek desain, material, teknologi hingga pemanfaatan penggunaan batik yang lebih beragam, tidak sekedar untuk busana. Memakai tema ini, YBI sebagai penyelenggara berharap GBN 2013 akan menampilkan inovasi-inovasi baru yang berkualitas di bidang perbatikan Indonesia.

Tak mengherankan jika dalam penyelenggaraannya, batik lantas ditampilkan dalam bentuk dan fungsi yang lebih luas, salah satunya sebagai elemen interior juga bagian dari tata saji yang pada GBN tahun ini diperlombakan dalam dua kategori, yaitu untuk umum dan untuk restoran dan hotel. Pada Rabu sore lalu, setelah pembukaan, kolektor batik Hartono Sumarsono menggelar peluncuran bukunya Benang Raja Menyimpul Keelokan Batik Pesisir yang merupakan sekuel dari buku pertama, Batik Pesisir Pusaka Indonesia, yang terbit pada 2011. (ISA), Foto: ISA

 

Author

DEWI INDONESIA