Habitat for Humanity Indonesia Menggelar Women Build Day
Puluhan perempuan akan membangun rumah bagi warga kurang mampu.
14 Jun 2013


1 / 5
Pemberdayaan perempuan tak melulu hanya dilakukan lewat pendidikan dan bantuan modal usaha. Habitat for Humanity Indonesia yang sudah berdiri sejak 15 tahun lalu mencanangkan program Women Build Day pada Desember 2012 silam. Tujuannya untuk memberi rasa nyaman bagi perempuan kurang mampu dengan memberi hunian yang layak hingga mereka dapat membesarkan anak-anaknya dalam kehangatan dan memungkinkan anak-anak itu punya impian cerah tentang masa depan.

Women Build Day yang diketuai Helena Abidin dengan anggota Erika Sauer, Melanie Camaro, Vera Milne Davis, Fanina Prawiro, dan Denise Tjokrosaputro ini menargetkan dapat membangun rumah untuk 300 keluarga kurang mampu di berbagai daerah di Indonesia. Untuk proyek perdana, Women Build Day akan mendirikan rumah di  Mauk Tangerang, pada Sabtu, 15 Juni 2013. “Kami membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin terlibat dalam program ini dan meski namanya Women Build, program ini juga terbuka bagi kaum pria yang ingin terlibat,” kata Helena.

Menurutnya, ada banyak bentuk dukungan yang bisa diberikan bagi program ini. Selain dalam bentuk uang, penyelenggaraan penggalangan dana dan penyediaan material bangunan, bantuan juga dapat berwujud advokasi untuk mengajak lebih banyak orang peduli tentang kondisi perumahan masyarakat miskin serta mengajak individu maupun perusahaan agar mendukung program ini serta memobilisasi sukarelawan yang berasal dari keluarga dan teman-teman. “Siapa saja, mulai dari ibu-ibu arisan hingga karyawan perusahaan yang dikoordinir divisi CSR-nya bisa terlibat dan mendukung Women Build, “ Helena menjelaskan.

Ia mengatakan, untuk proyek di Mauk, mereka telah menerima sumbangan rumah sederhana dan juga bantuan tenaga sukarelawan dari dua kelompok perempuan, The Humble Seven yang terdiri dari tujuh orang dan Jagorawi Golf International Ladies yang beranggota 25 orang. Selain itu, ada sponsor pakaian dari clothing line Proklamasi untuk peserta perempuan.

“Program kami selanjutnya adalah National Women Build Day tanggal 15 sampai 19 Oktober 2013 yang akan berlangsung di Buleleng Bali, di mana kami akan mengundang Women Build International untuk datang dan ikut membangun,” katanya.

Selain Women Build Day di Mauk, Woman Build juga akan menyelenggarakan Women Build Week di Buleleng Bali yang pelaksanaannya akan menjadi bagian dan bersamaan dengan penyelenggaraan Ubud Writers and Readers Festival pada 16 hingga 22 Oktober 2013 serta malam penggalangan dana pada Desember 2013 mendatang. (ISA), Foto: Dok. Women Build

 

Author

DEWI INDONESIA