Jejak Gertrude Stein di Pelukis Paris
Pengaruh besar Stein untuk Picasso terpapar dalam pameran The Steins Collect: Matisse, Picasso, and the Parisian Avant-Garde di The Metropolitan Museum of Art, New York.
31 Jan 2012


Perempuan Bermata Hijau karya Henri Matisse 1908
1 / 3

Bila Anda telah menyaksikan film Midnight in Paris Anda bisa menyelami lebih jauh hubungan mereka dalam pameran The Steins Collect: Matisse, Picasso, and the Parisian Avant-Garde di The Metropolitan Museum of Art, New York. Ingatlah bagian adegan bagaimana karya seorang Picasso muda diberi komentar ini itu oleh Gertrude Stein yang diperankan oleh Kathy Bates. Pameran ini akan memaparkan tentang pengaruh besar keluarga Stein - Gertrude, Leo, Michael, dan istrinya, Sarah - sebagai kolektor seni modern di Paris pada awal abad ke-20.

Mereka berteman baik dengan Henri Matisse dan Pablo Picasso. Mereka menjadikan kediaman Gertrude dan Leo di Rue de Fleurus no.27 sebagai ajang berkumpulnya para seniman yang tengah naik daun atau akan naik daun pada saat itu. Pada pameran ini Anda tak hanya akan menyaksikan karya-karya monumental dari Matisse dan Picasso, namun juga dari tangan-tangan Renoir, Cézanne, dan Toulouse-Lautrec, serta beragam foto, surat, dan catatan pribadi keempat keluarga Stein. Kini, mari kita tunggu bersama siapa yang akan membuat film tentang kehidupan kuartet pelindung seni modern ini. The Steins Collect: Matisse, Picasso, and the Parisian Avant-Garde, The Metropolitan Museum of Art, 28 Februari - 3 Juni 2012. (IFI)

Untuk mengenal lebih jauh sosok Stein, silakan simak videonya

Foto: Dok. SFMOMA

 

Author

DEWI INDONESIA