Kepuasan Kerja Profesional Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara
Indikasinya karir dan kehidupan pribadi berimbang
20 Feb 2013


Konsultan manajemen bertaraf internasional Accenture menjadikan pertanyaan tentang definisi sukses itu sebagai tema penelitian mereka tahun ini. Studi global terhadap 4.100 eksekutif dari perusahaan menengah hingga besar yang diberi tajuk “Defining Success. Your Way” ini dilakukan di 33 negara, termasuk Indonesia sejak November 2012. Hasilnya akan disiarkan pada Maret mendatang. Penelitian ini dirancang untuk mempertajam hasil penelitian Accenture setahun sebelumnya, “The Path Forward”,  yang memperlihatkan para profesional perempuan di ke-33 negara cenderung enggan untuk lebih berani merencanakan masa depan kariernya.

Berbeda dengan penelitian sebelumnya, “Defining Success. Your Way” menunjukkan bahwa lebih dari dua pertiga profesional perempuan di seluruh dunia percaya bahwa mereka dapat memiliki segalanya, karier yang sukses dan kehidupan yang penuh di luar pekerjaan.  “Namun studi ini dengan jelas juga menunjukkan bahwa banyak eksekutif percaya pentingnya mencapai keseimbangan kerja-kehidupan,” kata Neneng. Tingkat kepuasan profesional Indonesia terhadap pekerjaan mereka mencapai angka 50 persen dan merupakan yang tertinggi jika dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Lingkungan kerja yang memberi apresiasi memadai dan jujur disebut oleh 58 persen responden sebagai contoh lingkungan kerja yang baik. Fleksibilitas waktu bekerja juga menjadi salah satu faktor penting yang menentukan puas tidaknya seorang profesional bekerja di sebuah perusahaan. Rupanya keseimbangan pekerjaan dan kehidupan pribadi lebih mendefinisikan kesuksesan ketimbang pengakuan, kemandirian, dan kemajuan. “Kalau dua hal ini tidak mereka peroleh dari perusahaan tempat mereka bekerja, mereka akan segera pindah mencari perusahaan lain yang dapat memenuhi harapan mereka atas dua hal tersebut,” kata Neneng. (ISA), Foto: Corbis

 

Author

DEWI INDONESIA