Melaju ke Masa Depan
Inovasi dibutuhkan agar kita dapat melangkah dengan lebih baik. Berikut empat kebaruan di Indonesia yang dapat kita petik.
9 Jan 2014


1. Kebaruan dalam tradisi. Amna S. Kusumo, direktur Kelola berkata bahwa seni yang tidak mau “bergerak” akan sulit diterima oleh masyarakat. Tidak harus dalam hal yang rumit, karena modernisasi cerita pun sudah dapat membuat sebuah bentuk seni jadi memiliki kebaruan tersendiri.
2. Penghuni kota ingin berkebun. Kota tidak hanya tepat untuk bunga-bunga, tapi juga untuk tempat menanam makanan yang membawa saripati kehidupan. Ini membuat tren berkebun urban muncul di beberapa kota besar di dunia.
3. Mencipta karsa dalam rasa. Gaya hidup sehat dan beberapa bahan makanan yang eksotis menjadi dasar berbagai makanan atau minuman baru di tahun 2014. Seperti shoyu ramen burger karya Keizo Shimamoto, yang menggunakan ramen sebagai pengganti roti.
4. Teknologi adidaya. Teknologi hasil karya rakyat Indonesia juga bisa membahagiakan banyak orang. Sebutlah PicMix hasil rancangan Calvin Kizana, atau DesktopIP buatan Pidhi Soepangkat.
(AH) Foto : Fotosearch

Untuk mengetahui lebih jauh tentang keempat inovasi ini, baca artikel Atas Nama Peradaban di Majalah dewi edisi Januari 2014.

 

Author

DEWI INDONESIA