Memperkaya Generasi Muda
Kepedulian pada dunia seni dan budaya membuat Bakti Budaya Djarum Foundation meresmikan Galeri Indonesia Kaya.
27 Sep 2013


Pada 19 September 2013 lalu, Bakti Budaya Djarum Foundation memperkenalkan proyek terbaru mereka, Galeri Indonesia Kaya, yang disebut sebagai tempat pertama di Indonesia yang memadukan konsep edukasi dengan multimedia digital. Tempat seluas 635 m2 ini berlokasi di Grand Indonesia lantai 8.

Nuansa budaya Indonesia langsung terlihat dari luar pintu masuk. Siluet gunungan wayang disertai dengan taburan aplikasi rotan membuat tempat ini terasa sangat tradisional. Saat memasuki ruangan, Anda juga akan disambut oleh layar interaktif yang menyambut dengan ucapan selamat datang menggunakan berbagai bahasa daerah. Salah satu yang menarik adalah sebuah layar interaktif yang memungkinkan kita untuk mengambil potret diri dengan menggunakan berbagai koleksi foto baju daerah yang ada, serta dapat langsung diunduh ke media sosial favorit kita. Penyuka musik juga dapat memainkan alat musik tradisional di layar interaktif lain, merekamnya, lalu sekali lagi diunduh di media sosial. Bahkan di sini permainan tradisional seperti dakon juga dapat dilakukan secara virtual.

Tidak kalah penting adalah keberadaan sebuah auditorium yang dapat menampung sekitar 150 orang. Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, bertutur,”Meski ingin menjangkau sebanyak mungkin masyarakat Indonesia, tapi sebetulnya target utama kita adalah generasi muda. Hal ini dikarenakan generasi muda jugalah yang ‘paling jauh’ dari tradisi.” (AH) Foto : AH

 

Author

DEWI INDONESIA