Pendeteksi Kesehatan Telinga Bayi Inovasi Neeti Kailas
Pemenang Young Laureate, Science & Health Rolex Awards 2014, Neeti Kailas, menciptakan alat deteksi pendengaran bagi bayi baru lahir di India.
26 Feb 2015


1 / 3

Kepedulian terhadap mutu premium jam tangan bukan menjadi satu-satunya fokus Rolex. Merek jam tangan asal Inggris ini juga peduli terhadap persoalan sosial yang terjadi di kalangan masyarakat. Oleh karena itu sejak tahun 1976, Rolek mengadakan Rolex Awards yang memberi kesempatan pada insan di dunia untuk berpartisipasi dalam membuat inovasi demi kehidupan menjadi lebih baik. Solusi praktis bagi permasalahan kehidupan sosial, penyelamatan ekosistem, pendidikan, dan pemberdayaan perempuan adalah beberapa isu yang menjadi perhatian Rolex. Salah satu hal yang dilakukan Rolex adalah menggelar Young Laureate, Science & Health Rolex Awards. Neeti Kailas menjadi pemenang Young Laureate, Science & Health Rolex Awards 2014, wanita berusia 30 tahun ini menggunakan kemampuan desainnya untuk mengembangkan fasilitas kesehatan di negara asalnya, India.

Kondisi kesehatan telinga anak-anak di India menggugah hati Neeti Kailas. Alumnus National Institute of Design India ini prihatin terhadap anak-anak tuli yang mendapatkan perilaku diskriminatif di lingkungannya. Ada lebih dari 100,000 bayi yang terlahir dengan kelainan pada sistem pendengaran di India. Jika tidak ditangani sejak dini, hal ini akan mengganggu kemampuan bicara dan gerak yang tentunya kurang menunjang kualitas hidup. Oleh karena itu, Neeti menciptakan alat deteksi pendengaran bagi bayi yang baru lahir. Hal ini ditujukan agar orangtua bisa melakukan tindakan penanganan lebih dini. Perangkat diagnostik portabel ciptaan Neeti Kailas akan memfasilitasi pemeriksaan rutin bayi yang baru lahir dan berpotensi untuk membantu ratusan anak-anak pada tahun dasar perkembangan mereka. (JAR/MT) Foto: Dok. Rolex Awards/Ambroise Tezenas

 

Author

DEWI INDONESIA