PMS: Film Independen Serius
Kurasi terhadap karya-karya independen untuk tampil lebih ke depan.
11 Aug 2012


PMS itu menyenangkan. Tentu yang dimaksud bukan premenstrual syndrome atau sindrom prahaid yang banyak menguras fisik dan emosi. PMS versi ini adalah Pop-up Monthly Screening, sebuah wadah bagi pembuat film independen Indonesia untuk memutar film-film pendek, dokumenter, maupun film panjang karya mereka.

Tentu bukan sembarang film. Karya yang layak tayang merupakan film-film yang telah dimasukkan ke Kalyana Shira Foundation yang kemudian dikurasi oleh tim Kalyana. Tengok saja tiga film yang tayang pada PMS perdana pada akhir Juli lalu, yaitu Garis Bawah (Below The Line), GUK!, dan Buang (The Disposal) yang memperlihatkan karya yang relatif berkualitas.

Pemutaran PMS diadakan secara gratis dan reguler, setiap hari kamis dan jum'at malam diakhir bulan dan diberlakukan sistem 'siapa cepat dia yang dapat' atau reservasi melalui Twitter. PMS menyenangkan, apalagi Kalyana bekerjasama dengan Eltra Cine Studio yang cukup memiliki ruang screening film memadai sebagai tempat penyelenggaraan. (RZ) Foto: dok. Kalyana

 

Author

DEWI INDONESIA