Rahasia Sukses Metta Murdaya
Acroyoga yang ditekuni Metta Murdaya ternyata berdampak baik dalam kehidupan diri dan bisnisnya.
4 Jul 2012


Saat berada di titik rendah dalam dunia bisnisnya, Metta Murdaya mulai menyadari satu kesadaran penting. "Apakah kamu hidup untuk bisnismu, atau bisnis sebagai bagian dari hidup? Mana yang saya bisa kontrol? Kerja keras tiga kali lipat atau kerja dua kali lipat dan ambil yoga?," Metta, putri sulung Hartati Murdaya yang memiliki label kosmetik Juara Skin Care di Amerika, mengenang satu pemikiran yang terinspirasi salah satu mitranya. Mitra tersebut justru banyak melakukan olah raga panjat tebing, namun dari sisi penjualannya justru terus meningkat. "Ternyata kita bisa melakukan bisnis pada suatu waktu dan investasi untuk pikiranmu. Ini sangat Budhis ya. Dan benar, saya bisa mengatasi stres dengan baik," tutur Metta yang tengah mempersiapkan label Juara masuk Indonesia bulan ini.

Olah raga yang diambil Metta adalah Acroyoga, yakni perpaduan akrobat dan yoga. Foto-foto yang ditunjukkan menunjukkan posisi sebagai base,  di mana posisi ini hampir selalu dilakukan oleh pria karena dibutuhkan kekuatan fisik yang luar biasa. Ia bisa mengangkat partner acroyoganya dengan berdiri di atas tangannya. "Hal yang paling menarik dari acroyoga adalah saya bisa melakukan hal yang sepertinya tak mungkin dilakukan oleh saya. Saya tak pernah terpikir bisa mengangkat seseorang. Namun ternyata bisa. Kuncinya fokus, breathe, dan kamu bisa melakukannya," ujar Metta yang pernah operasi pinggul gara-gara overtraining.

"Olah raga ini termasuk olah raga ekstrim, namun pada saat masih pemula, saya memaksa untuk berlatih melebihi kemampuan. Begitu juga dengan bisnis. Jangan make yourself crazy. Hidup harus ada keseimbangan." ia tersenyum. "Bila sudah mencapai 80% kemampuan, kamu harus berhenti, karena bisa menjadi tidak aman." Kalimat terakhir ini, ternyata merupakan salah satu kunci rahasianya dalam berbisnis. (RH) foto:Lukiimages

 

Author

DEWI INDONESIA