RRRec Fest In The Valley, Ruang Para Musisi dari Berbagai Aliran
Rangkaian pesta musik di Alam Semesta bagian keempat
7 Feb 2015


1 / 8
Sejak tahun 2011, ruangrupa, sebuah komunitas seni di Jakarta menggagas RRRecFest, sebuah festival musik yang memberi ruang bagi musisi-musisi baru penganut berbagai aliran musik. RRRecFest, singkatan dari Ruang Rupa Records Festival mengeksplorasi ruang kota dengan sistem acara festival hop in yang memungkinkan pesertanya berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk melihat musisi yang pentas di tempat yang berbeda. Di tahun ke empatnya, ruangrupa membawa penikmat festival berlibur ke alam terbuka dan menikmati musik sembari bersantai di kesejukan udara kaki gunung pangrango.

RrrecFest in The Valley, diselenggarakan selama tiga hari dua malam. Ada tiga panggung yang berdiri di area area camping Tanakita, Sukabumi, Jawa Barat. Para pesertanya dihibur oleh penampilan dari musisi dalam dan luar negeri yang diantaranya beraliran indie, pop, new wave, dan eksperimental.

Diakui Indra, RRRecFest 2014 memberi nuansa yang lebih nyaman bagi peserta. “Kami bekerjasama dengan Pusat Studi Hukum dan Kebijakan dan Kontras untuk menyelenggarakan talkshow seputar peraturan-peraturan dan kebebasan berekspresi dalam praktik seni. Ada pula workshop radio streaming dan pembuatan poster kolase yang diberikan oleh seniman dari ruangrupa,” ujar Indra yang memberikan pengetahuan lebih bagi peserta yang sudah jauh-jauh datang dari Jakarta. Indra percaya  bahwa ide-ide menarik kerap berawal dari perbincangan santai, spontan, dan penuh suka cita. Seperti ketika mereka bersama menikmati alam Tanakita. (JAR) Foto: dok. Ruangrupa.


 

Author

DEWI INDONESIA