Seafood Savers Program Grand Hyatt Jakarta Lestarikan Laut
Tidak hanya fokus dengan esensi rasa dan kualitas, Grand Hyatt Jakarta peduli akan penyelamatan kekayaan laut di hari akan datang.
21 Mar 2015


Upaya penyelamatan kekayaan laut tidak hanya dilakukan di daerah pesisir. Hotel bintang lima yang ada di kawasan pusat Jakarta pun turut berkontribusi dalam mendukung konsep perikanan berkelanjutan. Grand Hyatt Jakarta Hotel misalnya. Ia turut serta dalam program Seafood Saver yang dibuat oleh World Wild Fund (WWF). “Kami memiliki food philosophy yang bertujuan mendukung kelestarian sumber daya yang kami gunakan. Melalui filosofi tersebut kami memastikan bahwa makanan dan minuman yang kami sajikan diproses dengan baik, tidak merusak lingkungan dan sumber daya manusia yang  memproduksinya. Sejak mendengar ada program Seafood Saver, kami merasa program tersebut cocok dengan filosofi kami dan dengan senang hati kami bekerjasama dengan mereka,” ujar Rolf Knecht, Executive Chef Grand Hyatt Jakarta. Saat ini ada empat restoran di Grand Hyatt Jakarta yang seluruh material pakan lautnya diproses menggunakan filosofi tersebut.

Gagasan food philosophy sebenarnya sudah muncul empat tahun yang lalu. Ide tersebut muncul dari Grand Hyatt Global yang merasa perlu memberi perhatian lebih pada kehidupan sekitarnya. Di Indonesia sendiri, program ini masih terbilang sangat baru. “Kami baru menerapkan program ini sekarang karena selama ini kami tidak menemukan lembaga yang bisa bekerjasama dengan kami dalam hal penyediaan sumber daya alam yang mengedepankan prinsip yang sama,” lanjut Rolf. Semenjak bergabung dengan program Seafood Saver, ia lantas mengganti bahan dasar menunya dengan makanan laut yang telah disertifikasi aman dalam prosesnya. Udang, tuna, lobster, dan kepiting adalah beberapa jenis makanan yang ia datangkan dari produsen yang telah tersertifikasi. Seafood Savers memberikan dua sertifikat pada institusi yang telah bergabung di dalamnya yakni Marine Stewardship Council dan Aquaculture Stewardship Council. Keduanya mewakili partisipasi terhadap perikanan berkelanjutan dan perikanan budidaya. Ditanya soal pentingnya konsep sustainability, Rolf menjawab perlahan “Saya ingin memberikan anak saya tempat hidup yang baik. (JOAN AURELIA) Foto: dok. Grand Hyatt Jakarta

 

Author

DEWI INDONESIA