Stroller Bugaboo Artistik Hasil Kolaborasi dengan Pelukis Van Gogh
Di depan lukisan Almond Blossom yang menjadi salah satu masterpiece maestro seni rupa Belanda, Vincent Van Gogh, stroller Bugaboo terbaru diluncurkan.
27 Apr 2015


1 / 1

Pernahkah membayangkan seorang bayi yang sedang terlelap berkeliling dalam buaian sebuah kereta dorong (stroller) berhias karya masterpiece maestro seni Vincent Van Gogh?

Setelah beberapa kali berkolaborasi dengan sederet desainer dan seniman ternama baik dari Belanda atau mancanegara seperti Marc Jacobs, Bas Koosters dan Andy Warhol, stroller Bugaboo terbaru diluncurkan di depan “Almond Blossom”, yang tersimpan di Van Gogh Van Gogh Museum Amsterdam. Lukisan bunga putih berlatar biru itu diadaptasi ke atas satin yang kemudian diterapkan pada buaian dan kanopi dari kereta dorong Bugaboo. 

Vincent van Gogh memulai karier melukisnya di masa ketika hampir semua pelukis membuat karya realis dan natural. Vincent menciptakan lebih dari 700 lukisan sepanjang lima tahun terakhir hidupnya. Dorongan untuk menyematkan mimpi-mimpi dan ‘pengelihatan’nya ke atas kertas dan canvas membuatnya tak mengenal kata lelah. Ia seperti menantang dirinya juga dunia untuk menuliskan sejarah seni dan Vincent benar. Hingga kini, ia dan karya-karyanya mengubah cara orang melihat seni dan keindahan. Ketika pindah ke Paris pada 1886, ia mulai terinspirasi oleh seni lukis impresionis Jepang dengan gambar-gambar yang terdapat di dalamnya dan segera saja mempengaruhi karya-karyanya.

Almond Blossom yang merupakan salah satu karya Vincent yang ia buat pada masa-masa bermukim di Paris dan mulai terpapar dengan karya-karya cetak Jepang. Garis-garis tebal, pemotongan adegan dan warna yang kontras yang dilihat pada cetak tersebut belakangan mulai Nampak pula pada karya-karya Vincent yang menyandingkan ‘penemuan’ itu dengan pengaruh modern dari para seniman Paris. Ramuan sukses yang ternyata baru terbukti keampuhannya ketika Vincent sudah tiada.

Kedua stroller Bugaboo ini berlapis casis hijau dan pegangan kulit tiruan dengan warna dahan pohon, sementara bahan untuk kursi dan keranjang dipilih biru yang merefleksikan jernih warna langit Van Gogh. Bagian dalam kereta dorong, seperti kanopi penangkal matahari terbuat dari bahan serupa sutera dan bagian pembungkus kaki dibalut dengan motif Almond Blossom. Koleksi Bugaboo Bee³ + Van Gogh ini memberi sentuhan alami untuk penggunaan kereta dorong di perkotaan, dengan memberi sentuhan nuansa musim semi dan menawarkan ketenangan di bawah langit berbintang di mana pun. (Indah S. Ariani), Foto: ISA, Dok. Bugaboo

 

Author

DEWI INDONESIA