Temuan “Puzzle” Le Rossignol
Rancangan kostum yang hilang pada 1923
19 Nov 2012


Rusia, 1918, kolaborasi empat seniman besar Igor Stravinsky, Vsevelod Meyerhold, George Balanchine, dan Alexander Golovin menghasilkan produksi opera fenomenal Le Rossignol (Burung Bulbul atau Solovei dalam bahasa Rusia) yang berhasil dipentaskan di Teater Mariinsky. Dokumentasi kebesaran pentas ini sempat dipublikasikan lewat beberapa sketsa copy rancangan set di museum St. Petersburg sejak 1923. Namun sebagian besar dari bukti fisiknya hilang tak terlacak.

Namun potongan puzzle kebesaran Le Rossignol semakin lengkap setelah berbagai rancangan kostum dengan cat air karya Golovin ditemukan di San Francisco, Amerika Serikat. “Pentas Le Rossignol bisa jadi merupakan kolaborasi terakhir yang paling dikenal antara Meyerhold dan Golovin, yang menciptakan tipe baru dari sebuah pertunjukan,” kata Brad Rosenstein, kurator dari Golovin Collection.

Desain dari Golovin sendiri menurut Rosenstein merupakan imajinasi dan keindahan yang luar biasa dari sebuah karya. “Eksotisme Oriental yang diperlihatkan Golovin sangat padu dengan musik yang diciptakan Stravinsky. Setelah berbagai dekade, penemuan rancangan ini merupakan hal yang luar biasa,” jelas Rosenstein. Karya kostum dengan cat air itu sendiri dikabarkan sempat berada di Hong Kong sebelum akhirnya ditemukan di San Francisco. (RZ)

Foto: businesswire

 

Author

DEWI INDONESIA