Tiga Gerakan Kepedulian Pada Kanker
World Health Organization menyatakan bahwa 70% dari kematian yang diakibatkan oleh kanker terjadi di negara berpenghasilan rendah. Untuk itu tiga gerakan berikut tak lelah mengadakan aksi penggalangan dana untuk membantu para penderita penyakit kanker.
29 Aug 2014


1. Shave for Hope. Pertama kali diadakan pada tahun 2012, Shave for Hope bertujuan untuk menggalang dana yang nantinya akan disumbangkan untuk Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia (YPKAI). Semakin unik adalah ketika dalam acara ini kita diajak untuk menyumbangkan “rambut” yang nantinya akan dihargai dalam bentuk uang, dan digunakan untuk membantu anak-anak penderita kanker. Ide pemotongan rambut ini sendiri merupakan simbol bahwa kehilangan rambut bukan berarti anak-anak harus kehilangan semangat untuk meraih mimpi.
2. Can4Share. Diperkenalkan pertama kali pada tanggal 6 Oktober 2013, Can4Share merupakan hasil pemikiran ala ibu rumah tangga. Idenya sangat sederhana, yaitu mengumpulkan uang receh sisa belanja di sebuah kaleng khusus yang nantinya akan disumbangkan pada LovePink, sebuah komunitas yang bertujuan mengkampanyekan pentingnya deteksi dini serta memberikan pendampingan bagi perempuan yang baru saja didiagnosa mengalami kanker payudara.
3. Jakarta RACE (Run Against Cancer Everyone). Ini adalah sebuah acara penggalangan dana yang sudah diadakan untuk kedelapan kalinya oleh Four Seasons Hotel Jakarta. Disumbangkan untuk Yayasan Kanker Indonesia, dana yang berhasil dikumpulkan akan digunakan untuk memberikan edukasi mengenai kanker, mengkampanyekan pentingnya deteksi dini, serta memberikan bantuan langsung seperti pengobatan, operasi, radioterapi hingga vaksinasi pencegah kanker.
(AH) Foto: Dok. Shave for Hope, Dok. Can4Share, Dok. Jakarta RACE



 

Author

DEWI INDONESIA