Upaya Penyelamatan Burung Ikonik di Rwanda
Pemenang Young Laureate, Environment Rolex Awards 2014, Olivier Nsengimana melestarikan keanekaragaman grey crowned crane di Afrika.
27 Feb 2015


1 / 3

Sejak tahun 1976, label jam tangan mewah Rolex memberikan apresiasi bagi individu yang memiliki determinasi dalam upaya mewujudkan dunia yang lebih baik. Rolex Awards merupakan wujud kepedulian merk jam asal Inggris ini terhadap persoalan sosial yang terjadi di kalangan masyarakat. Penghargaan ini memberi kesempatan pada insan di dunia untuk berpartisipasi dalam menciptakan solusi praktis bagi permasalahan kehidupan sosial. Olivier Nsengimana adalah pemenang Rolex Awards 2014 di bidang lingkungan hidup.

Olivier Nsengmana melakukan kampanye penyelamatan lingkungan hidup bagi grey crowned crane, burung khas Rwanda yang terancam punah. Olivier berupaya menyelamatkan spesies tersebut karena menyadari bahwa selama ini grey crowned crane banyak disalahgunakan. Mulai dari diekspor secara illegal, dieksploitasi sebagai bahan obat tradisional, hingga mengalami malnutrisi akibat perawatan yang kurang baik. Melalui latar belakangnya sebagai dokter hewan, Olivier melakukan sejumlah aksi untuk membuat hewan yang melambangkan umur panjang tersebut tetap hidup. (JAR/MT) Foto: Dok. Rolex Awards/Thierry Grobet

 

Author

DEWI INDONESIA