Women of Letters di Salihara
Pertunjukan ini bertujuan menghargai tulisan.
17 Sep 2013


Dua penulis Australia Maireke Hardy dan Michaela McGuire mengadakan malam-malam pembacaan Women of Letters di berbagai kota di negerinya sejak 2010. Program serupa akan diselenggarakan di Komunitas Salihara, Jakarta, pada 3 Oktober 2013 nanti, dari pukul tiga sampai lima sore.

Format pertunjukan ini sederhana. Menurut Maireke, mereka memberi lima penulis atau atlet atau jurnalis atau artis atau musikus sebuah tema lalu orang-orang itu menulisnya dalam bentuk surat dan membacakannya. Setelah itu ada jeda musik dan penonton yang hadir pun dipersilakan untuk menulis surat. “Kami menyediakan pena, perangko dan sebuah kotak pos kayu yang cantik,” kata Maireke dalam surat elektroniknya pada saya. Hal ini merupakan penghargaan terhadap tulisan, katanya. Juri akan memilih yang terbaik dari surat-surat itu untuk dibacakan.
 
Sebelum menggelar pertunjukan di Jakarta, Women of Letters baru saja kembali dari Amerika Serikat dan tampil di kota Los Angelos, Austin dan New York.  

Koleksi surat pertama Women of Letters telah diterbitkan penerbit Penguin pada 2011 dan koleksi kedua terbit Oktober tahun lalu. Rencananya, koleksi ketiga diluncurkan tahun ini. Semua hasil penjualan buku-buku tersebut disumbangkan untuk rumah penyelamatan hewan Edgar’s Mission. Setidaknya telah terkumpul lebih dari 300.000 dollar Australia dari kegiatan amal ini.

Pembacaan di Salihara akan didahului dengan lokakarya menulis bersama Laura Jean McKay, pengarang Holiday in Cambodia dan penerima penghargaan Alan Marshall Short Story Award di Australia. Syarat peserta adalah perempuan yang berusia 18 tahun ke atas. Lokakarya berlangsung dalam bahasa Inggris. Sponsor acara adalah Ubud Writers and Readers Festival dan Komunitas Salihara. (LC)  Sumber: Maireke Hardy, dokumen Salihara Foto: Salihara

 

Author

DEWI INDONESIA