Di Balik Minyak Zaitun
Banyak yang sudah tau manfaat positif dari olive oil atau minyak zaitun bagi kesehatan kardiovaskular. Dr. Arthur Agatston, Kepala Kardiologis dan penulis The South Beach Diet Supercharge menambahkan bahwa minyak zaitun memberi manfaat baik bagi tubuh.
27 Oct 2011


Banyak yang sudah tau manfaat positif dari olive oil atau minyak zaitun bagi kesehatan kardiovaskular. Dr.Arthur Agatston, Kepala Kardiologis dan penulis The South Beach Diet Supercharge menambahkan bahwa minyak zaitunmemberi manfaat baik bagi tubuh, karena bebas asam lemak tak jenuh dan lemaktrans. Dengan banyaknya pilihan minyak zaitun di supermarket, berikut inipenjelasan sederhana  yang bisa membantu.Minyak Zaitun tidak dibedakan dari banyaknya kandungan lemak, melainkan padarasa, aroma, dan konsentrat nutrisi yang dikandung.
  • Lightand extra-light olive oil : Kata ‘ringan’ disini bukan berartimenandakan kadar lemak atau kalori paling sedikit. Minyak jenis ini justruhanya mengandung virgin olive oil dari5 hingga 10 persen saja. Tidak mempunyai warna, tidak berasa dan tidak berbau,karena hilang bersamaan dengan proses pemurnian yang biasanya menggunakan bahankimia, proses ini juga menghilangkan antioksidan yang terkandug di dalamnya.
  • Virginolive oil :  Berasal dari ekstrasi kedua buah zaitun danmempunyai tingkat keasaman antara satu hingga tiga persen.
  • Ekstra-virginolive oil : Inilah minyak yang paling direkomendasikarena dihasilkan dari ekstrasi pertama dari buah zaitun. Mempunyai kandunganantioksidan tertinggi dan paling beraroma dengan kandungan asam paling sedikit.“Menambahkan lemak baik, seperti minyak zaitun extra-virgin ke dalam menu diet Anda merupakan hal tepat,” ungkapDr. Agatston. Lemak baik juga dapat kita temukan di minyak kanola, minyak ikan,dan minyak sehat lainnya yang terkandung di advokado dan kacang-kacangan.
foto: dok. Dewi

 

Author

DEWI INDONESIA