Langkah agar Proses Hair Coloring Tidak Membuat Rambut Rusak
Rambut rusak karena proses hair coloring? Kenali alasan serta solusinya.
10 Jul 2015


Formula pada cat rambut mengandung zat kimia yang jika tidak tepat dalam meracik komposisinya atau salah dalam mengaplikasikan teknik hair coloring, maka proses pewarnaan dapat menyumbang kerusakan struktur rambut. Pasalnya, zat hidrogen peroksida yang terkandung di dalamnya ditujukan untuk membuka kutikula rambut dan melarutkan pigmen gelap alami rambut agar bahan pewarna dapat meresap ke dalam pori rambut. “Proses inilah yang mengakibatkan rambut kehilangan kelembapan alaminya karena ikut terlarut keluar. Juga dikhawatirkan ada penyerapan bahan-bahan kimia dari produk ke dalam aliran darah lewat kulit kepala walaupun tidak seberapa besar.”

Anda bisa menemukan ciri rambut rusak seperti pada helai rambut yang kusam, pecah, kering dan menurunkan warna alami rambut. Bahkan untuk waktu yang panjang bisa mengakibatkan kerontokan yang cukup merisaukan. Anda juga akan menemukan rambut yang kusut dan sulit diatur, sehingga Anda reflek untuk menyisirnya dengan tarikan yang kuat yang semakin menambah volume kerontokan.     

Solusi Indra Tanudarma, Senior Education Manager L’Oréal Professionnel:

Atasi terlebih dahulu masalah rambut rusak dengan perawatan intensif dengan menggunakan rangkaian Absolut Repair Lipidium dan Anda akan merasakan perubahannya pada hari yang sama. Jika mau melakukan hair coloring kembali gunakan pewarnaan tone on tone dengan acid technology atau semi permanent color.

Lakukan konsultasi dengan benar dan jangan memaksakan proses yang berlebihan jika memang tidak memungkinkan, dan minta penjelasan dari colorist Anda mengenai dos and don’ts. Selalu gunakan pre and post treatment setelah pewarnaan dan jangan lupakan home care sebagai komitmen Anda terhadap kesehatan rambut. Begitu juga dengan produk styling sebaiknya didiskusikan terlebih dulu dengan pakarnya. (FF) Foto: Dok. dewi

 


 

Author

DEWI INDONESIA