Kenali Lean Gain Sebagai Metode Intermittent Fasting Untuk Raih Tubuh Sehat
Lean gain salah satu metode puasa atau intermittent fasting untuk raih tubuh sehat.
18 Jul 2015


Intermittent fasting adalah cara berpuasa dimana jadwal waktu makan dan berpuasa dapat diatur sesuai dengan kemampuan tubuh. Waktu yang diterapkan bermacam-macam tergantung metode apa yang dipilih.  Ada banyak variasi metode Intermittent Fasting untuk raih tubuh sehat yang umumnya dijalankan di luar sana, satu diantara dua metode yang paling popular adalah: Lean Gain.
 
Lean Gain dipopulerkan oleh Dr. Martain Berkhan. Pola ini dianggap paling bersahabat dibandingkan pola berpuasa lainnya dan biasanya dilakukan bagi mereka yang ingin menurunkan hitungan lemak tubuh serta membesarkan massa otot.  Jangka waktu puasa yang dilakukan adalah 16 jam (pria) dan 14 jam (wanita) setiap hari. Pada saat berpuasa tidak ada kalori dari makanan apapun yang dikonsumsi, tapi air mineral, kopi, dan permen karet tanpa gula masih diperbolehkan. Kebanyakan orang melakukan puasa pada 4 jam sebelum tidur, tidur 8 jam  dan kembali makan 6 jam setelah bangun tidur.  Penting diingat bahwa konsistensi jam makan perlu dijaga, karena apabila tidak tubuh akan mempunyai kesulitan untuk menyesuaikan diri dan bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon. 

Berolahraga pada saat melakukan puasa diperbolehkan bahkan dianjurkan karena pembakaran lemak menjadi sangat efektif, namun yang perlu dperhatikan apabila ingin berolahraga pada saat berpuasa adalah asupan gizi yang seimbang serta banyak minum air untuk mengindari dehidrasi. (Fonnyta Amran) Foto: Raja Siregar


 

Author

DEWI INDONESIA