Ini 7 Langkah Lakukan Clean Eating untuk Pola Hidup Sehat Bagian 2
Terapkan pola hidup sehat dan secara permanen dengan strategi clean eating.
15 Jul 2015


Kali ini coba gaya hidup dan pola hidup sehat seperti clean eating. Tapi karena clean eating bukan diet melainkan lifestyle, perubahan gaya hidup bisa menjadi proses panjang dan rumit dengan biaya yang juga tidak sedikit. Berikut langkah 5,6 dan 7 menuju gaya hidup yang lebih bersih dan sehat berikut untuk membantu Anda melewati proses transisi dengan sukses.

STEP 5: KENALI PROTEIN ANDA
Cari tahu asal-muasal protein-protein favorit Anda. Organik selalu menjadi pilihan utama. Selain organik, sekarang semakin banyak produsen yang memulai fair trade, responsible sourcing, dan grass-feeding. Untuk telur, cari label cage-free yang memastikan cruelty-free eggs. Walaupun protein-protein ini berharga relatif mahal, namun Anda akan mendapatkan daging dan telur yang lebih berkualitas sekaligus melakukan perubahan positif untuk kesejahteraan komunitas peternak dan kelestarian lingkungan.

STEP 6: ATUR MENU MINGGUAN
Cara untuk selalu keep track dengan apa yang Anda konsumsi adalah menghindari makan di luar sebisa mungkin. Namun, dalam usaha Anda untuk selalu memasak di rumah dan mengonsumsi makanan utuh, Anda mudah terjebak snack diet dan makanan yang kurang bervariatif. Karenanya, pastikan Anda selalu memiliki meal plan untuk satu minggu kedepan agar menjaga diri Anda dari rasa bosan. Makanan yang clean tidak harus rumit dan memakan waktu banyak. Menu yang Anda siapkan bisa saja sesimpel dada ayam dengan asparagus yang dibumbui dengan rempah-rempah favorit dan diakhiri buah-buahan segar. Coba juga bereksperimen dengan bahan-bahan yang sama untuk beberapa resep berbeda sehingga membantu Anda berhemat dan menghindari food wastage.

STEP 7: READY YOUR PLAN B
Apa yang harus dilakukan ketika Anda tidak sengaja melupakan clean eating dan relapse ke pola makan Anda sebelumnya? Entah karena brunch dengan beberapa sahabat atau ketika bersosialisasi dengan rekan kerja usai kantor, pola makan yang bersih tidak seharusnya membatasi Anda menikmati hidup. Tidak seharusnya juga Anda memiliki cheat days karena Anda menciptakan kebiasaan yang beresiko menghentikan Anda dari pola hidup sehat sekarang. Buat daftar pengganti kudapan favorit dengan pilihan yang lebih sehat. Seperti memperbanyak buah-buahan ketika Anda sedang craving gula atau mengganti selai untuk kudapan favorit dengan almond butter. Selalu ingat bahwa Anda melakukan perubahan positif dalam hidup Anda. (YEA) Foto: Andre Wiredja

 

Author

DEWI INDONESIA