20 Makanan Super
Catat baik-baik jenis makanan berikut. Karena dengan mengunyahnya, kalori Anda akan turut terbakar.
24 Aug 2013


Selain melakukan olahraga, deret makanan berikut ini akan turut membantu pembakaran lemak yang menumpuk dalam tubuh, membangun otot-otot, atau paling tidak akan membantu membakar kalori/energi dalam tubuh Anda dengan mengunyahnya. Anda dapat mulai menyimpannya sebagai persediaan makanan sehari-hari.

1.    Kacang almond, kacang hitam, merah, miju, pine nuts, kacang putih, dan kacang garbanzo (chickpeas). Kacang-kacangan membantu pembentukan otot karena mengandung lemak baik dan karbohidrat sehat yang baik, sehingga membantu mengurangi hasrat makan. Kacang merah misalnya, terdiri dari protein dan lebih dari 5 gram serat setiap porsinya. Atau secangkir penuh kacang hitam dapat dikatakan setara dengan 15 gram protein, tanpa mengandung lemak tidak baik yang umumnya dimiliki oleh sumber protein lain seperti daging merah.
2.    Susu rendah lemak. Termasuk juga dairy product seperti yoghurt dan keju. Susu mengandung asam lemak dan protein yang dapat memberikan perasaan kenyang. Tambahan kalsium di dalamnya, setidaknya 1000-1400 mg kalsium setiap harinya, berguna untuk membakar lemak dan kalori lebih banyak. Dan tentunya juga membentuk tulang yang kuat.
3.    Oat. Karena mengandung banyak serat, maka 1 porsinya dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu oat adalah karbohidrat sehat yang akan meningkatkan metabolisme dan membakar lemak.
4.    Avokad. Lemak baik (monounsaturated fats) dalam buah avokad yang disebut dengan oleic acid dapat memicu tubuh untuk mengurangi rasa lapar. cukup dengan mengonsumsi hanya seperempat atau setengah dari buah avokad ini. Selain itu buah ini juga diperkaya dengan serat dan protein.
5.    Salmon. Konsumsi makanan berprotein tinggi seperti salmon akan membuat Anda merasa kenyang tanpa perlu menambah lemak. Sebuah pilihan yang lebih baik dari daging merah dan juga tinggi akan kandungan lemak baik.
6.    Blueberry, dan keluarga buah berry yang lain. Selain memiliki efek anti-aging, secangkir dari buah ini dapat mengurangi 80 kalori dari tubuh Anda sekaligus menambah 4 gram serat.
7.    Brokoli, dan sayur-sayuran berwarna hijau. Baik mentah ataupun dimasak, brokoli telah dikenal dengan kemampuannya dalam memerangi zat radikal bebas. Dan karena juga mengandung banyak serat, 1 porsi sayuran hijau yang satu ini meski mengandung kurang dari 30 kalori juga dapat membantu mengatasi masalah bobot tubuh.
8.    Beras coklat. Sudah bukan rahasia lagi bahwa beras coklat, sama halnya dengan beras merah, merupakan pilihan karbohidrat sehat yang lebih baik dibandingkan beras putih.
9.    Pear. Satu buah pear saja telah mencukupi 15% dari kebutuhan akan serat yang direkomendasikan setiap harinya. Pastikan Anda juga mengonsumsi kulitnya karena di sinilah serat tersebut berada.
10.    Wine. Resveratrol adalah antioksidan yang ditemukan berada pada kulit buah anggur, juga berguna untuk menghentikan penumpukan lemak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa para peminum wine dalam batas jumlah sewajarnya memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil dan jumlah lemak yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan para peminum liquor.
11.    Grapefruit akan mengurangi kadar insulin, hormon yang bertanggung jawab akan penumpukan lemak sehingga baik untuk membantu mengurangi berat badan. Grapefruit juga sebagai sumber protein dan mengandung setidaknya 90% air, yang dapat membuat Anda mengonsumsi makanan lebih sedikit.
12.    Teh hijau kaya akan antioksidan yang akan membantu proses pembakaran lemak dan kalori. Dan tak ubahnya air, teh hijau berfungsi melembapkan dan memberi efek perut yang terasa lebih penuh.
13.    Pisang yang belum terlalu matang dan masih ada sedikit warna kehijauannya adalah pilihan yang lebih baik dan akan membuat metabolisme tubuh jauh lebih meningkat daripada pisang yang sudah matang. Terutama pisang raja yang mengandung karbohidrat baik yang akan memicu metabolisme dan pembakaran lemak.
14.    Telur. Reputasi telur memang tidak terlalu baik bila menyangkut pada urusan melangsingkan tubuh. Namun sarapan pagi dengan menu yang sarat protein akan menjaga nafsu makan Anda. Telur juga mengandung kolesterol baik yang tidak perlu dikhawatirkan.
15.    Dark chocolate akan memperlambat proses pencernaan sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama dan tidak terlalu merasa lapar pada jam makan berikutnya.
16.    Jeruk merupakan buah dengan kandungan serat tertinggi.
17.    Kentang. Meski tinggi akan karbohidrat, namun karbohidrat baik ini akan membantu tubuh dalam membakar lemak.
18.    Keju. Goat cheese dan feta mengandung asam lemak yang membuat Anda merasa kenyang dan membantu membakar lemak. Carilah keju dengan label ‘grass-fed’ karena memiliki kandungan asam lemak yang tertinggi.
19.    Pearl barley, sejenis whole grain yang akan melengkapi menu rendah kalori Anda karena kaya akan serat dan karbohidrat baik.
20.    Quinoa. Jenis whole grain lain yang tinggi kandungan proteinnya sehingga membuat kenyang lebih lama meski dengan jumlah kalori yang lebih sedikit. (NV) Foto: Dok. Corbis

 

Author

DEWI INDONESIA