5 Metode Hilangkan Bulu
Apakah teknik penghilang bulu yang Anda lakukan sudah tepat? Simak dulu 5 metode di bawah ini.
13 Oct 2014


Ada banyak cara untuk mendapatkan kulit mulus bebas dari rambut halus, meski tidak ada metode yang sepenuhnya bebas dari rasa sakit. Ikuti 5 metode berikut dan sesuaikan pilihan dengan kondisi dan area tubuh yang ingin dibebaskan dari bulu-bulu halus.

1.    Tweezing
Paling cocok untuk area kecil pada wajah seperti alis dan di atas bibir, teknik ini menggunakan alat menyerupai pinset dengan mekanisme yang mencabut bulu satu persatu hingga ke akarnya. Metode ini relatif nyaman dan hasilnya dapat bertahan 3-8 minggu. Sebaiknya bersihkan ujung pinset dengan alkohol sebelum dan sesudah pemakaian untuk meminimalkan infeksi.

2.    Mencukur
Mungkin yang paling umum dilakukan di rumah dengan alat cukur dan shaving cream, metode ini lebih baik dilakukan hanya pada saat darurat. Hasilnya pun hanya bertahan 1-3 hari. Namun, sangat membantu ketika Anda tidak sempat pergi ke klinik kecantikan. Ganti pisau cukur dengan rutin karena pisau yang tumpul akan melukai permukaan kulit.

3.    Waxing
Wax panas dibalurkan pada daerah yang diinginkan dan ditunggu beberapa saat sebelum ditarik agar terangkat bulu-bulu pada kulit. Teknik yang mungkin paling reliabel karena hasilnya yang maksimal dan bertahan hingga 3-6 minggu. Anda mungkin akan merasa tidak nyaman pada perawatan pertama. Namun, tingkat ketidaknyamanan akan berkurang seiring dengan frekuensi Anda melakukan perawatan ini pada tubuh.

4.    Sugar Waxing
Cara kerjanya mirip dengan waxing, hanya saja yang dibalurkan pada kulit berupa gula panas atau karamel. Karamel panas tersebut akan terkonsentrasi pada rambut dan tidak menempel di kulit. Menjadikan teknik ini lebih nyaman ketimbang waxing karena tidak menarik kulit. Substansi gula yang larut dalam air juga menjadikannya mudah dibersihkan.

5.    Electrolysis
Metode ini menggunakan jarum kecil yang dimasukkan ke dalam folikel rambut dan menghancurkannya dengan gelombang listrik. Seperti teknik laser, Electrolysis juga dimaksudkan sebagai penghilang bulu permanen dengan menghancurkan folikel rambut. Namun, Electrolysis dapat memakan waktu yang panjang dan sebaiknya hanya dilakukan oleh dokter kecantikan berpengalaman. (YEA). Foto: Dok. Corbis

 

Author

DEWI INDONESIA