5 Things to Boost Your Day
Cara mudah menjaga semangat penuh sepanjang hari.
6 Dec 2012


Rutinitas yang berulang membuat Anda terkadang merasa jenuh dan kehilangan semangat beraktivitas. Kunci utama mendapatkan semangat penuh sepanjang hari adalah memaksimalkan tiap elemen penunjang tidur malam Anda. Mengapa? Tidur malam yang berkualitas menjadi kunci utama kesegaran tubuh di pagi hari. Berikut ini beberapa tip yang dapat membantu Anda:

1.    Tidur dengan kondisi kamar gelap
Metabolisme tubuh tidak dapat bekerja maksimal jika tubuh dipaksakan untuk tidur dalam kondisi terang. Bahkan, penelitian dari Universitas Negeri Ohio juga menemukan korelasi antara obesitas dan cara tidur. Orang yang terbiasa tidur dengan lampu dinyalakan mempunyai tendensi untuk mengalami kenaikan berat badan hingga 30% dibanding yang tidur dalam gelap.

2.    Matikan elektronik yang memancarkan cahaya 15 menit sebelum tidur
Beberapa elektronik memancarkan cahaya yang tanpa disadari dapat menstimulasi otak dalam kondisi siaga dan berakibat melelahkan saat terbangun keesokannya.

3.    Pakai kaus kaki saat tidur
Kaus kaki mempercepat sirkulasi peredaran darah sambil menjaga area tubuh lainnya tetap merasa sejuk. Bila Anda tidak terbiasa dengan kaus kaki, buat tubuh merasa nyaman dengan selimut atau wewangian yang menenangkan.

4.    Tidur dengan tirai yang terbuka setengah
Ketika sinar matahari masuk melalui celah tirai, tubuh otomatis memperlambat produksi melatonin dan menstimulus adrenalin agar tubuh terbangun dan siap untuk beraktivitas.

5.    Mengatur Alarm 15 menit sebelum waktu bangun
Tubuh memerlukan waktu sebelum benar-benar siap untuk beraktivitas, waktu tersebut dapat dipergunakan untuk mempersiapkan diri sebelum memulai aktivitas. (CH) Foto: Dok. Corbis

 

Author

DEWI INDONESIA