6 Jenis Makanan Sebagai Tabir Surya
Tidak hanya losion yang mengandung SPF, sejumlah makanan alami ternyata efektif menjadi lapisan pelindung kulit tubuh.
30 Jan 2013


Losion tabir surya, topi, sunglasses hingga paying. Semuanya jamak menjadi pelindung kulit terhadap sengatan sinar matahari di musim panas. Namun, penelitian yang dilansir Johns Hopkins University, Amerika Serikat menermukan beberapa jenis makanan yang ternyata berkhasiat baik dalam menciptakan lapisan pelindung untuk kulit tubuh Anda dari sengatan sinar Ultra Violet.  

1. Teh hijau
Selain kaya senyawa polifenol, vitamin E dan C menjadi antioksidan yang cukup ampuh dalam menjaga metabolisme tubuh termasuk juga kulit. Tak heran, minuman ini menjadi ‘senjata’ andalan sebagai anti-penuaan dan melawan kanker serta melindungi kulit dari pengaruh buruk sengatan matahari.

2. Air kelapa
Sifatnya yang mendinginkan, membuat air kelapa sering dimanfaatkan untuk menjaga keseimbangan suhu di dalam tubuh. Mengonsumsi 1 butir air kelapa ketika Anda bepergian di cuaca panas dapat mencegah iritasi kulit akibat sengatan sinar matahari, sun stroke, dan dehidrasi.

3. Kakao
Tingginya zat antioksidan yang terkandung di dalam kakao menjadikan jenis makanan ini banyak direkomendasi sebagai pencegah kanker kulit, maupun anti-inflamasi terhadap panasnya sinar matahari. Penelitian yang dimuat dalam Journal of Nutrition juga menemukan zat flavanol pada kakao yang dikonsumsi selama 12 minggu dapat dapat menguatkan kulit terhadap sinar matahari terik dan melancarkan aliran darah.

 4. Brokoli
Tak hanya sarat akan serat, zat besi, vitamin, dan mineral yang menjaga kemudaan sel maupun jaringan kulit, penelitian juga menguraikan manfaat brokoli sebagai tabir surya. Dalam satu porsi brokoli setiap harinya dapat memberikan perlindungan terhadap kanker kulit lebih besar daripada sebotol losion tabir surya.

5. Salmon
Daya kerja asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon memang luar biasa. Tidak sebatas menjaga kadar kolesterol dalam darah dan menyehatkan jantung. Asam lemak omega-3 bersahabat bagi kulit dalam mencegah jenis kanker kulit paling berbahaya, yaitu melanoma. Dan juga mencegah sun stroke.(FF). Foto: Dok. Fotosearch

 

Author

DEWI INDONESIA