Akibat Mengenakan Sepatu Hak Tinggi
Tak ada seorangpun yang dapat menyangkal efek seksi dari mengenakan sepatu hak tinggi. Tapi di sisi lain ada dampak buruknya juga. Simak berikut ini.
15 May 2014


Dapat dipastikan bahwa setiap perempuan akan terlihat lebih menarik dan seksi dengan kaki yang tampak jenjang berkat sepatu hak tinggi atau high heels. Namun selain tampil cantik, kita juga harus cerdas dalam menjaga kesehatan kaki. Karena pemakaian sepatu berhak tinggi yang terlalu sering dan lama dapat berdampak buruk. Sebaiknya Anda juga memiliki flat shoes yang cantik dan nyaman agar tidak bergantung pada high heels. Berikut dampak yang dapat terjadi akibat pemakaian hak tinggi yang terlalu sering.
1.    Kapalan
Bagian kaki yang terlalu sering tertekan akan menghasilkan kulit kapalan, yaitu kulit yang menebal. Anda dapat mencoba mengatasi kapalan dengan salep khusus. Kapalan juga dapat berkembang menjadi mata ikan yang harus diatasi dengan operasi kecil.
2.    Jari kaki cenderung melengkung
Terlalu lama dan sering memakai high heels akan mengakibatkan jari terus-menerus tertekan dan lama-kelamaan bentuknya akan melengkung bahkan saat tidak sedang menggunakan high heels.
3.    Varises
Posisi menjinjit ketika Anda memakai high heels akan membuat otot betis dan tumit kaki menegang sehingga pembuluh darah tertekan. Hal ini dapat menimbulkan varises.
4.    Osteoarthritis
Nyeri dan kaku di daerah sendi merupakan ciri-ciri awal dari osteoarthritis. Biasanya muncul pada persendian lutut dan panggul, dan jika tidak diobati maka rasa nyeri akan menyebar, bahkan bisa sampai ke tulang belakang.
5.    Bunions
Bunions adalah tumbuhnya tulang di sekitar pangkal jempol kaki sehingga membuat jempol kaki bengkok dan menimbulkan rasa nyeri. (EU) Foto: Dok. Fotosearch

 

Author

DEWI INDONESIA