Apakah Obat Antibiotik Harus Dihabiskan?
Seringkali diantara kita bertanya-tanya apakah obat antibiotik harus dihabiskan, dan apa yang terjadi jika Anda tidak menghabiskannya?
6 Jul 2014


Tidak jarang di antara kita yang sering malas untuk menghabiskan obat antibiotik dari dokter karena sudah merasa kondisinya pulih kembali. Namun apakah sebenarnya obat antibotik itu harus dihabiskan? Jawabannya adalah benar. Seorang dokter seharusnya tidak begitu saja memilih beberapa obat yang wajib habis, karena memang ada yang tidak perlu dihabiskan juga. Berikut alasan-alasannya. 
1.    Bakteri penyakit yang belum tuntas.
Jika Anda kira dengan mengonsumsi antibiotik, misalnya 2 kali saja dan sudah merasa sembuh, belum tentu semua bakteri yang ada di tubuh Anda telah terbunuh. Akibatnya penyakit bisa saja datang kembali.
2.    Penyakit berpindah tempat.
Ada alasan dokter memberikan dosis tertentu yaitu agar bakteri bisa dituntaskan, namun jika kita tidak menjalaninya dengan benar bakteri penyakit dapat berpindah dan menyerang bagian tubuh yang lain, bahkan dapat menjadi lebih berbahaya.
3.    Bakteri menjadi lebih kebal.
Jika Anda merasa sudah baikan dan memutuskan untuk tidak mengonsumsi obat antibiotik lagi, bisa saja bakteri penyakit hanya ‘pingsan’ sementara. Akibatnya bakteri tersebut akan hidup lagi dan bahkan dapat menjadi lebih kebal jika diberi dengan dosis yang sama. 
Karenanya jangan lupa untuk selalu menghabiskan obat antibiotik Anda! (EU) Foto: Dok. Fotosearch

 

Author

DEWI INDONESIA