Atasi Lapar Sebelum Olahraga
Perhatikan waktu dan jenis makanan atau minuman sebelum Anda melakukan olahraga.
17 Apr 2013


Saat akan berolahraga, kecukupan asupan makanan yang bernutrisi menjadi hal penting agar tubuh memiliki kecukupan energi. Takaran yang pas pada setiap individu tentu berbeda, namun perlu diperhatikan agar tidak membiarkan perut terlalu kenyang atau bahkan kosong. Maka untuk memaksimalkan potensi olahraga Anda, berikut tip yang dijabarkan Heidi Skolnik, MS, CDN, FACSM, selaku nutrisionis sekaligus pemilik Nutrition Conditioning, Inc.    
•    Sehari penuh. Mengingat aktivitas olahraga akan mempercepat proses pembakaran metabolisme tubuh sekaligus penguapan cairan, maka pastikan kecukupan kadar air di dalam tubuh Anda. Cairan yang tepat adalah air putih atau jus buah segar tanpa tambahan pemanis. Fungsi cairan tak hanya menjaga tubuh dari dehidrasi, tapi juga diperlukan untuk melancarkan pembakaran kalori.
•    2 sampai 3 jam sebelum olahraga. Jika Anda berencana untuk mengudap suatu makanan sebelum berolahraga, Heidi menyarankan untuk memilih jenis makanan yang mengandung kombinasi karbohidrat, protein, lemak dengan porsi kecil sekitar 300 – 400 kalori. Jenisnya bisa sayuran, hummus, pretzel, buah, nut bar atau yogurt. Hindari makanan bergas seperti kacang, brokoli atau kubis.
•    1 sampai 2 jam sebelum olahraga. Jika Anda merasa lapar di antara jam ini, sebaiknya pilih kudapan dalam porsi 50 gram saja dengan sedikit protein. Pilihannya bisa sereal dengan susu skim atau sereal kombinasi dengan latte rendah kalori dan gula. Cara ini efektif mencukupi energi tubuh dan mencegah nyeri otot.
•    15 sampai 30 menit sebelum olahraga. Jika rasa lapar justru menyerang di saat mendekati waktu olahraga, maka sebaiknya Anda hanya mengonsumsi porsi makanan tak lebih dari 25 gram. Pilihannya bisa satu sendok makan kismis atau saltine crackers.
•    Sesaat sebelum olahraga. Rasa lapar yang menyerang tiba-tiba ini tetap harus Anda perhatikan. Heidi tidak menyarankan untuk membiarkan sinyal perut yang kosong. Anda tetap bisa mengudap sedikit jellybeans, sport drink, selembar roti putih atau roti gandum tanpa tambahan selai.
•    Setelah olahraga. 30 menit setelah berolahraga Anda justru disarankan untuk memenuhi makanan yang mengandung kombinasi karbohidrat dan protein. Selain dapat mengembalikan energi tubuh, cara ini menghindari rasa nyeri pada otot. Anda bisa memilih keju lembut dengan campuran pisang atau nanas.(FF). Foto: Dok. Corbis  
    

 

Author

DEWI INDONESIA