Aturan Menyikat Gigi
Mulailah menyikat gigi dengan benar untuk senyum yang memesona.
2 Feb 2014


Senyum yang indah memang tak pernah gagal menebarkan pesona Anda kepada orang sekitar. Karenanya, menyikat gigi juga menjadi rutinitas yang tak boleh dilepaskan dari keseharian. Menerapkannya 2-3 kali sehari sehabis makan dan sebelum tidur rasanya belum cukup jika Anda tidak melakukannya dengan benar. Lalu, bagaimana agar manfaat menyikat gigi bisa Anda rasakan secara maksimal? Berikut penuturan Drg. Rio Suryantoro mengenai tip menyikat gigi yang benar:

-    Pastikan seluruh sisi gigi tidak terlewatkan. Lakukan gerakan vertikal ke arah tumbuhnya gigi dengan kemiringan sikat 45 derajat, di area luar dan dalam gigi.
-    Lakukan gerakan mendatar dengan gerakan maju mundur sepanjang 1 cm pada bagian atas dan bawah gigi yang digunakan untuk mengunyah.
-    Sikat semua area gusi ke gigi di bagian luar dan dalam.
-    Untuk membersihkan sisa-sisa makanan, gunakan ujung sikat gigi seperti metode penggunaan tusuk gigi saat mengeluarkan kotoran. Sedangkan di sela-sela gigi, gunakan dental floss sebelum menyikat gigi. Masukkan benang ke sela gigi, lalu lakukan gerakan dari luar ke dalam. (MA/EA) Foto: dok. dewi

 

Author

DEWI INDONESIA