Bahaya Ketergantungan Obat Pencahar
Obat pencahar bukan solusi untuk sembelit dan diet dengan tujuan memiliki bentuk tubuh ideal.
8 Feb 2014


Sembelit merupakan masalah yang lumrah. Penyebabnya antara lain, kurang mengkonsumsi makanan berserat, buah-buahan dan sayuran. Padahal  mengkonsumsi  serat dapat membantu usus memproses sisa-sisa makanan dengan baik. Banyak di antara kita memilih jalan pintas dengan mengkonsumsi obat pencahar. Selain itu banyak perempuan yang ingin mempunyai badan langsing dengan mengkonsumsi obat ini juga karena lebih mudah didapat, cepat dampaknya, dan tanpa perlu berolahraga. Jika Anda merupakan salah satu di antara orang-orang tersebut, hentikan sedini mungkin tindakan itu. Beberapa efek yang dapat ditimbulkan dari obat pencahar adalah:
1. Merusak Fungsi Usus
Karena usus Anda telah terbiasa dibantu oleh obat pencahar untuk memproses sisa-sisa makanan, lama-kelamaan usus Anda akan merasa ‘malas’ untuk memproses dengan sendirinya dan tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa obat tersebut.

2. Kekurangan Nutrisi dan Zat Penting
Jika Anda mengkonsumsi obat pencahar, nutrisi serta zat-zat yang dibutuhkan tubuh juga dapat ikut terbuang tanpa diserap terlebih dahulu oleh badan Anda.

3. Sembelit
Jika Anda mengira obat pencahar menyelesaikan permasalahan, mengkonsumsinya dengan berlebihan hanya akan menambah permasalahan dengan membuat Anda semakin susah untuk BAB.

4. Serangan Jantung
Obat pencahar dapat menyebabkan gangguan keseimbangan elektrolit dan hal ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung.  (EU) Foto: Dok. Corbis

 

Author

DEWI INDONESIA