Cantik Organik
Apa arti dibalik produk kecantikan yang memberi label organik pada kemasannya? Dan apa manfaatnya bagi kulit Anda? Mari mengenal lebih dekat.
10 Jan 2012


Ada perbedaan yang cukup signifikan saat Anda membeli produk natural, green products dan produk organik. Jangan sampai Anda terkecoh dan salah memilih karenanya.

·       Label Natural

      Produk yang menggunakan kata ‘natural’ ternyata tidak berarti produk tersebut adalah produk organik. Mengapa? Produk ‘natural’ memang dibuat menggunakan bahan alami seperti tumbuhan, mineral dan algae. Madu dan beeswax juga kerap digunakan sebagai bahan dasar kosmetika yang berlabel natural. Meski demikian proses pengolahannya tidak serta merta bebas dari bahan kimia.

·       Label Green Product/ Eco Friendly

Label eco-friendly menunjukkan bahwa produk yang Anda beli memiliki proses pertumbuhan dan pengelolaan yang seminimal mungkin (atau tidak sama sekali) memberi efek negatif pada lingkungan. Namun sekali lagi, tidak berarti seluruh bahan dasar dari produk ini merupakan produk organik.

·       Label Organik

      Lain halnya dengan produk berlabel organik. Tak hanya ia dibuat dengan bahan-bahan yang alami, proses pertumbuhan bahan alami hingga proses pengolahannya juga dilakukan secara alami, dengan seminim mungkin tidak memakai bahan kimia sintetis. Misalnya bunga yang dipakai sebagai essence suatu parfum dibudidayakan secara alamiah. Bebas dari pestisida atau pupuk yang terbuat dari bahan kimia. Produk yang bersertifikat organic juga menerapkan cara kerja yang ramah lingkungan dan tidak melakukan proses animal testing.

 

Apa keuntungan menggunakan produk kecantikan organik?

-     Bahan organik umumnya aman, dapat dinetralisir oleh tubuh manusia, termasuk kulit tubuh dan wajah.

-     Menggunakan bahan organik menghindari masuknya zat kimia berbahaya dan racun yang dalam jangka panjang dapat berakibat fatal bagi tubuh.

-     Produk organik meminmalisasikan terjadinya reaksi iritasi dan alergi pada kulit serta tidak memiliki efek samping berbahaya yang dapat timbul dikemudian hari.

-     Dengan menggunakan produk organik, kita juga dapat membantu pelestarian lingkungan, karena bahan organik dibuat dan diproses dengan cara alami yang tidak merusak lingkungan. (FY) 

Foto: Dok. Dewi

 

 

Author

DEWI INDONESIA