Diet Menjelang Pesta
Pola makan berikut bisa Anda terapkan untuk menikmati pesta tanpa rasa bersalah.
26 Dec 2013


Akhir tahun semakin dekat. Berbagai keriaan hingga rencana pesta tahun baru pun sudah terbentang di depan mata. Penemannya, sudah pasti berbagai hidangan tinggi kalori sebagai pengiring intimasi kebersamaan. Dari sekadar chips yang dinikmati di tengah obrolan satu malam hingga aneka olahan daging pada pesta barbeque atau jamuan makan malam. Lupakan dulu diet yang berlebihan di malam pergantian tahun jika Anda tidak ingin keriaannya menjadi berbeda. Namun, untuk membuat Anda terbebas dari rasa bersalah di malam tahun baru nanti, mungkin pola makan berikut bisa Anda terapkan menjelang pesta. Setidaknya, masih ada lima hari sebelum Anda puas menyantap makanan kesukaan sesuka hati.
 
-    Hindari konsumsi daging merah dan daging olahan selama sepekan menjelang pesta. Sebaliknya, perbanyak konsumsi gandum, seafood, dan kacang-kacangan yang diolah menggunakan minyak zaitun sebagai makanan utama Anda. Lengkapi juga dengan konsumsi aneka buah dan sayuran segar dengan keju dan yogurt sebagai dessert-nya. Berkat pola makan yang diadaptasi dari diet Mediterania ini, tak hanya tubuh ramping yang didapat, melainkan kadar kolesterol hingga gula darah yang senantiasa terkontrol.

-    Jangan mengonsumsi makanan yang dimasak dalam suhu di atas 47°C. Sebagai pengganti asupan karbohidrat, coba santap sepiring pasta rebus atau kentang panggang. Pendampingnya, Anda bisa mencecap bahan makanan segar seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan yang dicampur, dikeringkan, atau dibuat smoothies. Berkat pola makan yang terinspirasi dari Raw Food Diet ini, Anda pun bisa menurunkan bobot tubuh secara cepat menjelang pesta. (MA) Foto: Fotosearch

 

Author

DEWI INDONESIA