Enjoying your Guilty Pleasure
Ternyata, Anda tidak boleh menolak sinyal yang dikirim tubuh saat merasa ingin mengemil makanan manis.
27 Jul 2012


Jangan dulu merasa ‘berdosa’ saat Anda tidak kuasa menahan food craving atau keinginan untuk mengemil. Food craving pada umumnya memang tidak perlu dilawan, karena terkadang hal ini merupakan sinyal dari kebutuhan tubuh yang juga harus disalurkan- namun dengan cara yang benar. Misalnya karena sudah enam hari makan bersih, sehat, dan diet rendah karbohidrat, normal bila tubuh mendambakan sesuatu yang manis- apalagi kalau aktif berolahraga. Ini dikarenakan tubuh tetap memiliki kebutuhan akan asupan karbohidrat atau gula untuk energi.

Daripada mati-matian melawan hasrat mengemil ini, ada baiknya Anda justru menyiasatinya dengan jenis camilan yang baik bagi tubuh, seperti yang dilakukan Simone Kusuma Halim. Sebagai  founder sekaligus instruktur dari olahraga PowerSwing, Simone punya tip jitu menghadapi apa yang disebutnya guilty pleasure. “Saya paling sulit menahan goodaan permen coklat. Untuk mengakalinya, saya memilih mengemil dark chocolate 85% yang juga mempunyai manfaat positif bagi kesehatan,” ujarnya.

Memang, berdasarkan Journal of the American Medical Association dan American Journal of Clinical Nutrition, dark chocolate mengandung antioksidan, flavonoids, dan catechins yang bisa membantu menangkal radikal bebas. Simone juga menambahkan strategi yang bisa Anda tiru, “biasanya seminggu sekali saya makan lebih bebas tanpa pantangan, terutama pada saat bersantai di akhir minggu bersama keluarga. Tentunya tetap dalam porsi yang normal dan terkendali. Lalu keesokan harinya saya imbangi dengan olahraga yang sedikit lebih intensif dari biasa.“ (NV)

Foto: dok. dewi

 

Author

DEWI INDONESIA