Khasiat Berendam Air Hangat untuk Tidur yang Berkualitas
Suka berendam air hangat? berikut tips agar dapat lebih relaks dan tidur dapat lebih berkualitas.
25 May 2015


Banyak yang meyakini bahwa segelas susu hangat, wine, ataupun berendam air hangat di malam hari dapat memberikan efek relaksasi. Bukan saja pikiran yang tenang, tetapi tidur pun akan terasa lebih berkualitas. Seperti diungkapkan oleh dr. Andreas Prasadja, RSPGT, “Ketenangan yang dicari orang menjelang tidur bisa didapatkan dari cuaca yang sejuk. Suhu hangat yang diperoleh saat berendam air hangat dapat memberikan relaksasi sendiri, apalagi jika setelahnya Anda masuk dalam ruangan bersuhu sejuk, tidur pun akan terasa lebih nyenyak setelahnya.”

Untuk meraih ketenangan yang lebih hakiki, coba berikan sentuhan aromaterapi pada rendaman air hangat Anda. Tak perlu banyak-banyak, cukup 5-7 tetes minyak esensial di bath tub Anda dan tentunya pilih aroma-aroma hangat seperti lavender, chamomile, basil, bahkan ylang-ylang atau frankincense. Jangan terlalu banyak meneteskan minyak esensial tadi, karena justru dapat membuat kulit menjadi kering. Sebagai variasi, sesekali Anda boleh menambahkannya dengan garam atau susu yang juga dapat menghaluskan kulit.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua orang dapat bebas berendam air hangat, termasuk di malam hari. “Orang yang memiliki masalah tekanan darah tinggi, tidak boleh berendam dan dipijat kepalanya terlalu lama,” ungkap Edriana F. Mufti. “Atau seperti juga penderita jantung yang tidak dianjurkan untuk dipijat dengan tekanan keras, penderita tekanan darah rendah maupun tinggi pun tidak diperbolehkan untuk steam atau sauna terlalu lama,” tambah Susiana, Fitness and Wellness Director dari Mandarin Oriental Jakarta. (MA)

 

Author

DEWI INDONESIA