Kontrol Kolesterol
Empat langkah mudah menjauhkan kolesterol dari hidup Anda
29 Apr 2012


Bukan hal baru untuk mengatakan bahwa salah satu penyebab utama penyakit jantung adalah kolesterol tinggi. Terlepas menghindari semua makanan lezat yang menyebabkan peningkatan kolesterol, empat tip ini dapat menjadi jalan alternatif untuk membuat kurva kolesterol Anda menurun.

  1. Kurangi lemak jenuh dan lemak trans. Berbagai makanan yang menggiurkan, seperti sirloin steak dan makanan dengan saturasi lemak yang dikandung makanan siap saji dapat dengan mudah meningkatkan kolesterol di dalam tubuh. Sebagai gantinya, konsumsi zaitun, kacang tanah, minyak kanola atau bahkan edamame setiap berpikir mencari camilan sore.
  2. Jaga berat badan ideal. Bukan hanya untuk alasan estetika, tetapi sebuah penelitian menemukan adanya relasi antara kelebihan berat badan dengan meningkatnya LDL kolesterol (biasa disebut juga kolesterol jahat) di dalam tubuh.
  3. Luangkan waktu berolahraga. Tidak perlu menyewa personal trainer atau guru yoga pribadi. Cukup siasati waktu dengan melakukan aktivitas sederhana, seperti jogging bersama peliharaan, berlari, berenang, atau bersepeda selama 20 menit sehari.
  4. Berkarya dengan jemari Anda, bukan membiarkannya memegang rokok. Selain menjadi salah satu penyebab utama penyakit jantung dan kanker, membakar tembakau dan menghisapnya juga berkontribusi dalam meningkatnya LDL kolesterol. Padahal, dengan berhenti merokok, Anda berhasil menurunkan LDL kolesterol hingga 10 persen.(CH).

Foto : Dok. Corbis

 

Author

DEWI INDONESIA