Kunci Sehat di Bulan Puasa
Tetap sehat dan bugar bukan hal yang tidak mungkin di bulan suci Ramadhan ini.
18 Jul 2014


Tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman dalam waktu yang panjang bukan menjadi alasan untuk tampil lemas, ataupun bermalas-malasan. Justru inilah kesempatan kita untuk menunjukkan seberapa bersemangatnya kita melewati bulan suci ini. Simak beberapa tip yang dapat Anda perhatikan agar mampu menjalankan bulan puasa dengan tubuh yang sehat dan bugar.
1.    Jangan lupa untuk tetap berolahraga. Bagi Anda yang sudah rutin berolahraga, lakukan dua hari sekali, namun bagi yang tidak, 2x seminggu sudah cukup. Anda dapat melakukannya 30 menit sampai 1 jam sebelum berbuka puasa, ataupun setelah berbuka puasa. Cukup lakukan olahraga ringan agar badan Anda tetap fit dan tidak kaku selama bulan puasa.
2.    Tetap menjaga jam tidur Anda (7 jam) yang akan terpotong oleh sahur, karena biasanya Anda akan banyak melakukan aktivitas setelah berbuka puasa.
3.    Saat sahur jika memungkinkan hindari makanan manis yang dapat membuat Anda mengantuk dan lemas di siang hari. Konsumsi susu saat sahur untuk menghindari anemia. Selain itu hindari juga fast food dan makanan pedas saat sahur agar tidak mengganggu pencernaan di siang hari.
4.     Jangan lupa untuk banyak mengonsumsi buah, namun pilihan lainnya, yaitu jus juga baik dalam memperlancar sistem pencernaan.
5.    Berikan Anda waktu untuk beristirahat sejenak saat jeda makan siang, bila perlu pakai untuk tidur agar tubuh Anda dapat beristirahat dan dapat kembali bersemangat.
6.    Untuk Anda dengan masalah lambung, hindari makanan yang tidak baik untuk lambung seperti daging berlemak, sayur mentah, sayur berserat, soda, makanan pedas, dan santapan lainnya yang menimbulkan gas dan meningkatkan asam lambung.
7.    Pada saat berbuka hindari es dan berbukalah dengan minuman hangat yang nyaman untuk perut Anda.
8.    Karena Anda telah diajarkan untuk bersabar dan tidak berlebihan, jangan berbuka dengan diburu rasa lapar. Makanlah perlahan-lahan dan tetap menjaga porsi makanan.
9.    Paling penting untuk menjaga tubuh Anda agar tetap terhidrasi dengan meminum air putih yang banyak, yaitu dua gelas air putih saat sahur, dua gelas saat berbuka puasa, dan empat gelas saat makan malam.
Selamat berpuasa dan tetaplah jaga kesehatan. (EU) Foto: Dok. Fotosearch

 

Author

DEWI INDONESIA