NUTRISI PENGUAT KUKU
Kondisi kuku yang sehat merupakan cerminan dari kesehatan tubuh Anda. Perhatikan asupan nutrisinya untuk menopang aktivitas tubuh sehari-hari.
4 Jan 2014


Memiliki warna atau desain kuku yang cantik memang dapat meningkatkan mood bahagia secara instan. Terlebih dengan sentuhan seni kreatif dari tangan manicurist di salon kuku khusus langganan Anda. Berbagai motif maupun warna yang cantik dan inspiratif dengan mudah menjadi milik Anda. Hanya saja Anda perlu memerhatikan kondisi kesehatan kuku itu sendiri, apakah terlihat sehat dengan rona pinkies dan permukaan yang jernih serta bersinar. Seperti yang diungkapkan Tamara Lior, seorang dermatologist dari Florida, “Healthy nails reflect a healthy body. Lewat kondisi kuku bisa terlihat tubuh dalam kondisi sehat atau justru tengah kekurangan vitamin.”
    Bila pengamatan sudah dilakukan, coba untuk mengingat kembali asupan makanan apa yang selama ini masuk ke tubuh Anda. Mungkin saja ada beberapa vitamin yang terlewatkan, sehingga pemenuhan kesehatan kuku tidak maksimal. Di bawah ini beberapa jenis nutrisi penting yang dapat memenuhi kembali kesehatan kuku sekaligus tubuh.
1. Besi (Iron): Kondisi kuku yang rapuh adalah tanda dari kurangnya asupan zat besi di dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi suplemen zat besi atau perbanyak konsumsi kacang-kacanga, sayuran berdaun, dan daging merah.
2. Seng (Zinc): Jika mendapati noda putih pada permukaan kuku, dengan pertumbuhan kuku yang lambat dan kutikel sering terkelupas, artinya tubuh kekurangan zat seng. Tambahkan suplemen khusus yang dapat menambah kadar seng di dalam tubuh atau Anda bisa mengonsumsi dark chocolate, kacang tanah dan daging kalkun.
3. B-12: Kuku yang terasa kering dan berwarna gelap menjadi sinyal kurangnya vitamin B12 di dalam tubuh. Asupan praktis bisa diperoleh lewat kapsul atau tablet vitamin B12. Atau Anda bisa mulai kembali mengonsumsi keju, telur, dan daging kepiting.
Perlu diingat, selain mencukupi kebutuhan vitamin, biasakan untuk tetap mencukupi kadar air di dalam tubuh. Minum 2 liter atau 8 gelas perhari dan tak lupa mengoleskan hand cream dan foot cream.(FF). Foto: Dok. Mondadori 

 

Author

DEWI INDONESIA