NUTRISI UNTUK TUBUH IDAMAN
Sebelum mengenakan bikini Anda, ikuti tip singkat berikut ini.
18 Jun 2013


Liburan yang dinanti akhirnya tiba. Berbagai rencana mungkin telah Anda siapkan, termasuk berjemur di tepi pantai dengan bikini favorit. Jangan dulu putus asa jika kepercayaan diri belum maksimal, karena lewat tip singkat berikut, memperoleh tubuh indah bak supermodel bukan lagi sekadar mimpi.

1.    Bulatkan tekad untuk melakukan detoksifikasi tubuh selama 3 hari. Caranya, konsumsi beraneka jenis buah selama 3 hari tersebut, setiap 2-3 jam setidaknya satu potong buah. Anda juga bisa menggantinya dengan variasi salad sayuran dengan minyak zaitun sebagai menu makan malam. Jangan lupa perbanyak asupan air putih yang mampu meminimalkan rasa lapar yang melanda.
2.    Metode detoks mungkin aman dilakukan untuk jangka waktu singkat. Namun, sangat tidak dianjurkan jika Anda lantas hanya terpaku pada konsumsi sayur dan buah sebagai diet jangka panjang. Alternatif lain yang bisa diikuti ialah dengan menjauhi lemak dan memperbanyak protein sebagai menu pokok Anda sehari-hari. Misalnya, menerapkan South Beach Diet yang menekankan pada Dos and Don’ts menu makanan. Meski dibagi dalam 3 fase, namun dari 1 fase pun Anda bisa merasakan perubahan yang signifikan. Langkahnya sederhana, di fase 1 Anda bisa menyantap segala jenis makanan dalam porsi normal kecuali karbohidrat dan buah serta menu berkadar gula tinggi. Baru di fase selanjutnya, Anda boleh kembali mengonsumsi buah dan karbohidrat kompleks seperti weight grain.   
3.    Beristirahatlah dengan cukup, setidaknya penuhi kebutuhan tidur Anda 7-8 jam setiap malam. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Chicago dan University of Pennsylvania membuktikan bahwa saat Anda tidur dalam waktu singkat, maka hormon penekan nafsu makan atau leptin dalam tubuh akan merosot, sehingga Anda pun akan terus merasa lapar melebihi biasanya.
4.    Biasakan berjalan kaki setidaknya 20 sampai 40 menit dan usahakan untuk melakukannya di pagi hari. Selain dapat menghirup udara segar, sedikit menggerakkan tubuh di pagi hari juga ampuh sebagai penambah energi Anda untuk beraktivitas sepanjang hari. (MA) Foto: dok. FotoSearch

 

Author

DEWI INDONESIA