RAIH TUBUH SEHAT SELAMA MUSIM PANAS
Di negara mana pun sinar matahari yang terpancar kuat dapat mengakibatkan tubuh kehilangan vitalitasnya. Siasati dengan beberapa cara berikut ini.
7 Jun 2014


Tak hanya di negara empat musim, di negara tropis seperti Indonesia yang bermandikan sinar matahari sepanjang tahun juga perlu untuk menyiasati kondisi tubuh agar staminanya terus terjaga. Pasalnya, suhu panas yang berlebihan secara cepat menguapkan kadar air di dalam tubuh sekaligus mempercepat kerja metabolismenya. Dengan begitu tubuh mudah kehilangan cairan dan mudah lemas. Sementara, hanya minum air putih saja tidaklah cukup. Harus ada strategi yang tepat untuk membantu menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi bugar. Berikut ini beberapa cara yang disarankan pakar kesehatan, Calgary Avansino.
• Khasiat kunyit. Salah satu bumbu dapur yang banyak dipakai dalam pengobatan Ayurvedic sebagai anti inflamasi, anti jamur, dan anti bakteri untuk mengatasi problem pada pencernaan. Cukup campurkan beberapa irisan kecil kunyit dan lemon ke dalam segelas air, atau bisa juga smoothie dan teh di pagi hari sebelum beraktivitas.
• Olah tubuh. Tak masalah apapun jenis olahraga yang Anda sukai, sejauh bisa dilakukan secara konsisten dan diselingi dengan jenis olahraga lain agar metabolisme tetap terjaga dan tubuh tidak jenuh.
• Makan siang sehat. Serat menjadi kunci penting agar lambung tidak mudah lapar. Untuk itu mulailah memilih menu makan siang yang sarat akan sayuran segar seperti salad atau sup sayuran.
• Smoothie. Ketimbang menyeruput secangkir kopi olahan dengan banyak krim dan gula, smoothie yang terbuat dari beberapa jenis buah atau sayuran yang dicampur dengan kacang-kacangan dan susu rendah kalori atau minyak zaitun, menjadi pilihan minuman lezat yang sehat dan mengenyangkan.
• Detoks kulit. Satu atau dua kali seminggu lakukan eksfoliasi kulit tubuh agar lapisan sel kulit mati bisa terangkat dan kerja saluran limpatik yang bertugas membuang racun-racun di tubuh menjadi lancar.
• Air bening. Hal wajib yang tidak bisa ditawar adalah mencukupi kadar air di dalam tubuh agar tidak dehidrasi. Namun sebaiknya minum air dalam suhu ruang, bukan yang telah didinginkan di dalam kulkas.(FF). Foto: Dok. dewi       

 

Author

DEWI INDONESIA