Rawat Tubuh dengan Ritual Betangas Sebelum Menikah
Ritual tradisional sebelum menikah asal Palembang
12 Apr 2015


Satu lagi ritual mandi uap atau steam khas ranah Melayu dihadirkan dari Palembang. Meski berawal dari kebutuhan ritual perawatan pra nikah, namun Betangas dapat diaplikasikan sehari-hari untuk menjadikan kulit tubuh bersih, lembut dan harum. Dalam bahasa Palembang, betangas diartikan sebagai mandi uap yang dilakukan calon pengantin 2 atau 3 hari sebelum prosesi acara pernikahan berlangsung. 


Proses yang dilakukan sebenarnya sama dengan mandi uap tradisional pada umumnya, yaitu dengan menggunakan sejumlah rempah, seperti serai wangi, cengkeh, pandan, adas manis, daun dan kulit jeruk purut yang telah dijemur terlebih dulu, yang direbus hingga mendidih dan uapnya menyeruak ke udara. Agar aroma dari uap rempah dapat melekat maksimal ke tubuh, Anda harus duduk mendekati uap dengan ditutupi tikar pandan dan handuk selama 30 – 40 menit Tujuannya agar uap rempah cepat meresap ke dalam pori kulit dan tahan lama melekat lama di kulit.


Lakukan ritual tersebut dua minggu sekali untuk membantu menghilangkan aroma tubuh tak sedap. Bahkan betangas dapat membantu mempercepat pembakaran lemak dan mendetoksifikasi sisa racun di dalam tubuh. Sebuah cara yang hingga kini mampu bertahan dari perubahan modernisasi dan senantiasa diincar oleh kaum muda. Di beberapa kota besar seperti Jakarta, tak sedikit wellness spa yang mengadopsi ritus perawatan kecantikan ini yang dipresentasikan secara modern. (FF) Foto: Dok. Corbis

 

 

Author

DEWI INDONESIA