Ritual Kecantikan dan Kesehatan Madura Soo’so
Angkat sel kulit mati dan kotoran pada tubuh Anda lewat ritual madura soo?so.
14 Apr 2015


Keseriusan perempuan Madura dalam merawat kesehatan dan kecantikan tubuhnya biasanya kita kenal lewat beragam racikan jamuan herbal yang khasiatnya sudah dibuktikan sejak ratusan tahun lalu. Namun begitu, ramuan herbal itu juga sebenarnya sudah diterapkan untuk menjaga kecantikan dan kesehatan organ tubuh bagian luar terlihat bersih dan bersinar. Penampilan fisik yang cantik maksimal, otomatis dapat meningkatkan rasa percaya diri, sehingga akan menimbulkan rasa senang. Dari situlah daya tahan tubuh akan meningkat.

Ritual Madura Soo’so ini diterapkan secara menyeluruh pada tubuh untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati dari permukaan kulit tubuh dengan menggunakan bahan-bahan, seperti kulit telur, buah asam, daun legundi, tepung beras dan temu giring. Kesemua bahan dicampur dan ditambahkan air untuk membuat adonan, kemudian dibuat bentukan bulatan dan dikeringkan. Setelah itu baru digosokkan ke semua permukaan kulit yang sudah dibersihkan dan masih dalam kondisi lembap. Sambil digosokkan secara perlahan untuk menarik seluruh kotoran yang sudah menyatu dengan sel kulit mati agar dapat terangkat maksimal.

Tahap ini diakhiri dengan membalurkan bedak putih (mangir) yang terbuat dari bahan bunga nyamplung, akar klembak, kulit pule, kayu cendana, kulit mesoli dan tepung beras. Diamkan baluran bedhak dingi hingga terasa kering di kulit dan angkat dengan waslap basah atau mandi. Anda akan merasakan tekstur kulit tubuh yang halus, bersih dan harum semerbak. (FF)  Foto: Dok. Fotosearch.

 

Author

DEWI INDONESIA