Tanda-tanda Olahraga Berlebihan
Ini dia tanda-tanda Anda telah melakukan olahraga berlebihan
20 Jun 2015


Lantas, seperti apa sinyal yang bisa disampaikan oleh tubuh Anda, saat olahraga sudah dilakukan secara berlebihan? Berikut penuturan Tiara Soemakno:

·       Fluktuasi tekanan darah dan denyut jantung saat istirahat (resting heart rate) yang berlebihan. Artinya tubuh Anda perlu lebih banyak istirahat.

·       Badan pegal-pegal selama berhari-hari bahkan hingga seminggu lebih. Jika tubuh Anda selalu pegal hingga sulit bergerak, mungkin intensitas olahraga Anda harus dikurangi

·       Sering cedera atau sakit

·       Sulit tidur. Latihan yang berlebihan dapat mengganggu jadwal tidur Anda dan menyebabkan tubuh sulit untuk pulih.

·       Motivasi menurun drastis karena selalu lelah

·       Nafsu makan berkurang atau bertambah dengan drastic

Sementara dari segi kesehatan, olahraga yang berlebihan juga dapat berpengaruh bagi fungsi dan sistem tubuh Anda. “Hipoglikemi dan menurunnya gula darah secara drastis yang ditandai dengan pusing yang berlebihan serta mual akibat jantung dan pembuluh darah yang dipacu untuk melakukan tugas di luar batas kemampuan. Bisa saja diikuti dengan muntah berlebihan atau dehidrasi akibat tidak makan. Dehidrasi bisa berakibat macam-macam, mulai dari kekeringan di mukosa (lapisan kulit dalam), selaput lendir tubuh seperti mulut, sampai gangguan ginjal atau gangguan irama jantung akibat dehidrasi dan kekurangan elektrolit,” urai dr. Grace Judio-Kahl. (MA) Foto: Iok Manggabarani.

 

Author

DEWI INDONESIA