Tip Nyaman Memakai High Heels
5 tip wajib bagi para pecinta high heels agar terhindar dari masalah kaki.
3 Oct 2012


Berjalan menggunakan sepasang sepatu high heels merupakan salah satu faktor yang akan membuat Anda terlihat – dan juga merasa – seksi. Padahal sebuah survei yang dilakukan oleh American Podiatric Medical Association menunjukkan sejumlah 42% wanita mengakui bahwa mereka akan mengenakan sepatu yang mereka sukai meski merasa tidak nyaman, sementara sejumlah 73% wanita mengakui bahwa mereka telah memiliki masalah dengan kaki yang diakibatkan oleh sepatu. Karenanya, tip di bawah wajib Anda ikuti jika masih ingin ‘bersahabat’ dengan high heels dan terhindar dari masalah kaki.

1.    Pastikan Anda mengenakan sepatu dengan ukuran yang pas. Meski ini terdengar sudah sewajarnya untuk dilakukan, namun coba Anda perhatikan ada berapa banyak high heels yang membuat kaki Anda meluncur ke depan dan meninggalkan sela kecil di belakang. Ini semakin menambah tekanan dan rasa sakit pada jari-jari.

2.    Tambahkan bantalan. Bisa yang menyeluruh di sepanjang alas kaki bila Anda merasa sakit pada bagian depan yang menopang kaki (ball of the foot), atau bila Anda akan berdiri lama gunakan pad yang terbuat dari silikon.

3.    Mengenal wedges dan platform. Hak tinggi yang lebih tebal akan memberikan stabilitas dan keseimbangan yang lebih maksimal pula. Selain itu menggunakan sepatu dengan tinggi hak yang bervariasi juga dapat mengurangi masalah pada tendon Achilles.

4.    Perhatikan dasar sepatu dan pilih yang kemiringannya lebih landai. Ini untuk membuat lengkungan alas kaki (arch) menjadi lebih nyaman.

5.    Gunakan sepatu open-toe yang terbuka pada bagian depan. Tujuannya untuk mengurangi tekanan dan friksi yang dapat menyebabkan kapalan. (NV)

Foto: Dok. dewi

 

Author

DEWI INDONESIA