Tips Langsing Saat Berpesta
6 tip menjaga tubuh langsing meski berpesta 4 kali seminggu
15 Dec 2012


     Memangkas porsi makan siang, menghindari konsumsi karbohidrat dan masih banyak diet lainnya dilakukan untuk menurunkan berat badan. Tetapi berkat jadwal pesta yang berbaris rapat, dalam sekejap tubuh kembali ke berat awal. Ingin tahu alasannya? Weight control specialist sekaligus dokter pemerhati gaya hidup, dr. Grace Judio-Kahl, berbagi infomasinya.

1. Batasi konsumsi wine
Banyak orang menganggap bahwa wine memiliki kadar kalori rendah sehingga sah saja mengonsumsi dalam jumlah banyak saat pesta. Padahal hanya dari kandungan alkohol  dalam wine saja, Anda sudah menambahkan kalori ke tubuh. Satu gram alkohol setara dengan 7 kalori dan satu gram gula mengandung 4 kalori. 
Solusi: Anda memang tidak perlu menolak wine, tapi mulai kurangi jumlah gelas yang diteguk dalam satu malam. 

2. “Waspada” canapé yang Anda ambil
 Anda pikir tidak masalah mengudap sepotong canapé pastry dengan topping stroberi dan sirup karena ukurannya yang mungil. Padahal, satu canapé manis rata-rata mengandung 100 kalori, dan Anda pasti tidak akan berhenti hanya di satu potong saja. Sesekali memang tidak ada salahnya Anda mengambil satu dua potong canapé. 
Solusi: Jika ada banyak undangan pesta, lebih baik Anda mengenyangkan diri sebelum acara dengan seporsi angel hair spaghetti with white truffle yang hanya mengambil jatah 200 kalori dan sudah membuat kenyang sepanjang malam.

3. Tidak perlu diet ketat sebelum berpesta
Ada banyak perempuan yang gemar melakukan diet ketat sehari atau dua hari sebelum pesta agar bisa bebas makan apapun di acara. Hal ini jelas tidak baik bagi metabolisme tubuh. Pola makan yang tidak teratur membuat metabolisme tubuh Anda melambat, sehingga kemampuan tubuh membakar kalori pun akan semakin berkurang. Akibatnya? Anda lebih cepat gemuk dan lebih sulit lagi untuk menurunkan bobot tubuh. 
Solusi: Makan saja dalam jumlah kalori yang cukup dan sehat tanpa perlu mengubah pola makan harian sebelum pesta.  

4. Jangan jauhi karbohidrat
Terbalik dari yang selama ini dipercaya mereka yang enggan mengonsumsi karbohidrat: ternyata jumlah kalori dari semangkuk kecil nasi tidak lebih dari 200. Sementara sepotong tempe goreng mengandung 400 kalori. 
Solusi: Lebih baik mengenyangkan diri dengan nasi dan menghindari godaan camilan bukan?

5. Jangan mengandalkan olahraga semata untuk membakar kalori
Jika Anda pikir seusai menegak tiga gelas martini Anda hanya perlu jogging 30 menit esok harinya untuk membakar kalori yang masuk, Anda salah besar. Segelas martini mengandung sekitar 180 – 250 kalori sementara jogging selama 30 menit hanya membakar kurang lebih 230 kalori. Pilates dan yoga juga tidak banyak membakar kalori, karena tujuannya lebih kepada membantu memperbaiki postur tubuh. Olah tubuh yang paling banyak membakar kalori adalah wight training. 
Solusi: Jadi jika Anda habis berpesta semalam suntuk, sempatkan untuk weight training keesokan harinya.  

6. Pilih sayuran yang Anda konsumsi
Sayuran adalah makanan sehat kaya serat dan vitamin. Hal ini memang tidak akan ditampik oleh pakar manapun. Tapi jika Anda perlu membatasi asupan kalori, (apalagi setelah berpesta) maka pilih jenis sayuran yang dikonsumsi. Meski semua jenis sayur cenderung memiliki kadar kalori yang rendah, tapi mengonsumsi wortel dan bayam memiliki perbedaan. Sayuran hijau mengandung sekitar 25 kalori, sementara wortel bisa mencapai 50 kalori.  
Solusi: Usai berpesta, rasanya sepiring salad berisi sayuran hijau menjadi pilihan bijak dikonsumsi dibanding jenis sayuran lainnya. (MA/ CH) Foto: dok. dewi

 

Author

DEWI INDONESIA