Hunian Beratap Langit
Tindakan nyata demi mewujudkan hunian ramah lingkungan.
24 Jan 2013


1 / 2
Minimnya ruang terbuka membuat masyarakat urban kian mendamba kehadiran sudut rumah yang memancarkan keindahan alam. Area yang dipenuhi pantulan langsung dari sinar matahari menjadi tren baru kini kian diminati. Tak hanya hemat energi karena tak perlu lagi lampu listrik sebagai sumber penerang, Anda juga berkontribusi terhadap lahirnya ruang dan gaya hidup sustainable yang ramah terhadap lingkungan. Beberapa tip berikut dapat Anda terapkan untuk menciptakan area luas yang memancarkan terangnya sang surya.

1.    Gunakan atap transparan pada satu sudut langit-langit di rumah Anda. Material kaca hingga polikarbonat dapat menjadi pilihan media, atau biarkan salah satu pojok tanpa dinding tembok.

2.    Alternatif lain, mengganti dinding tembok dengan material yang memungkinkan masuknya udara dari luar. Seperti yang diterapkan pada kediaman penyair Sitok Srengenge di Jogjakarta yang memanfaatkan susunan bambu yang dibelah sehingga memungkinkan masuknya cahaya.

3.    Jangan letakkan terlalu banyak benda yang ditumpukkan di dalam rumah Anda. Sebaliknya, biarkan satu area terbuka di tengah ruang sehingga membuat ruangan terlihat lebih terang dan lega. Selain itu, gunakan warna-warna bernuansa alam seperti kekayuan atau putih yang meneduhkan, sehingga masuknya cahaya akan semakin menyatu dengan nuansa. (MA) Foto: dok. Dewi

 

Author

DEWI INDONESIA