Ide Lanskap untuk Jokowi
Tren terbaru tentang tata ruang kota
19 Oct 2012


Penataan kota menjadi salah satu isu yang juga muncul dalam kampanye gubernur Jakarta. Kini, Joko Widodo sudah menjadi gubernur baru ibukota negara. Tak ada salahnya jika sang gubernur membaca pemaparan desainer lanskap Anggia Murni tentang berbagai hal terbaru tentang dunia tata ruang ini. Siapa tahu, ada pengetahuan atau ide baru yang bisa timbul. Berikut tiga diantaranya:

Destinasi: Beberapa bulan lalu saya mengunjungi kota Shahrisabz, Uzbekistan. Kota ini sendiri berarti green city atau verdant city . Pada zaman dahulu, mereka sudah memiliki garden city dengan green open space yang berguna bagi orang banyak untuk berkumpul.

Literatur: The Sustainable Sites Handbook. Dari situ, saya dapat mempelajari konsep yang lebih dalam mengenai sustainable landscape.

Tren lanskap: Landscape yang tidak hanya indah dipandang di mata, tapi juga memiliki manfaat langsung untuk kehidupan manusia, seperti memulihkan, menyembuhkan, dan menyediakan makanan. Tren ini biasanya disebut healing garden dan edible garden. Foto: dok. Dewi (RZ,Ade Aprilia)

 

Author

DEWI INDONESIA