Tren Desain: Revolusi Optimal
Pameran interaktif The Machine di Belgia menampilkan karya-karya tak biasa.
1 Aug 2012


1 / 3

Desainer masa depan tidak semata desainer yang hanya menghasilkan produk yang inovatif. Revolusi industri memungkinkan para perancang di masa yang akan datang mengembangkan bahan, mesin dan bahkan sebuah sistem baru. Inilah yang menjadi pesan dalam sebuah pameran interaktif berjudul The Machine yang berlangsung di Belgia sejak Juli hingga Oktober mendatang.

Berbagai instalasi dan eksperimen produk “aneh” tersebar dalam pameran yang berlangsung di C-mine Designcentrum ini. Line 02 oleh Thomas Vailly misalnya memperlihatkan cara teknologi serbaguna untuk menghasilkan cairan dan bentuk plastik organik. Lembaran lateks yang dihasilkan dapat ditarik dan ditiup untuk membuat sesuatu yang tak terbatas volume cairan.  Sementara Flat Form oleh Christian Fiebig mengubah bentuk virtual  menjadi sebuah obyek nyata. Christian mengkonversi  berbagai bentuk virtual 3 dimensi melalui program computer  menjadi sebuah geometri datar, untuk kemudian menggunakannya sebagai pedoman untuk membangun kembali bentuk virtual aslinya  dengan menggunakan kertas.

“Para peserta pameran mencari cara untuk memproduksi dan mendistribusikan karya mereka. Perkembangan ini menawarkan alternatif untuk produksi massal, tetapi juga menunjukkan cara yang berbeda untuk mengolah perekonomian dan masyarakat," jelas pihak penyelenggara Design Hub Limburg. (RZ)

Foto: dok. Design Hub Limburg

 

Author

DEWI INDONESIA