Upaya Mempertahankan Energi Berkelanjutan dari Holcim
Untuk bumi yang lebih ramah.
20 Dec 2013


Konsumsi energi berlebih masih terjadi dari pembangunan infrastruktur, hunian, dan gedung tanpa memperhatikan aspek-aspek penting lingkungan. Menanggapi hal tersebut, Holcim Indonesia mengadakan serangkaian kegiatan edukasi penerapan Sustainable Construction. Salah satu rangkaian kegiatannya ialah seminar di Jakarta dan Surabaya, bekerja sama dengan Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI). Sesi di Jakarta dihadiri oleh Ir. Davy Sukamta, pendiri Davy Sukamta & Partners Structural Engineers; Prof. Ir. Iswandi Imran, MAS.c., Ph.D., akademisi Institut Teknologi Bandung; Dr. Ir. FX. Supartono, Presiden Direktur PT Partono Fondas; serta Ir. Agung Yunanto, M.M., General Manager Departemen Pengembangan Sistem dan Usaha PT Wijaya Karya. 
 
Puncak acara dari rangkaian kegiatan tersebut adalah Holcim Awards 4th Cycle, sebuah kompetisi global yang bertujuan mencari proyek maupun ide dengan konsep sustainable construction. “Ini adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Holcim Foundation,” jelas Juhans Suryantan, Vice President Sales Holcim Indonesia.

Kompetisi akan menilai aspek 5P, yaitu Progress, People, Planet, Prosperity, dan Proficiency. Apabila dijabarkan lebih lanjut, kompetisi mencari ide-ide segar mengenai rencana pembangunan inovatif dan berkelanjutan, mengakomodasi kebutuhan serta memberdayakan sekitarnya, memperhatikan kelestarian sumber daya alam, mampu memberi kontribusi bagi kesejahteraan, serta tetap memperhatikan estetika tata ruang publik. Semua insinyur, arsitek, kontraktor, pemilik proyek, sampai profesional muda dan mahasiswa yang menunjukkan kepedulian dapat mengikuti kompetisi karena kompetisi terbagi ke dalam dua kategori, yaitu Main Category dan Next Generations. Pendaftaran masih terus dibuka hingga 24 Maret 2014. (EF) Foto: Dok. Holcim

 

Author

DEWI INDONESIA