Vespa dan Obsesi Perang Winky Wiryawan
Mengapa sosok aktor di film 3Sum ini dinilai sebagai pecinta perang?
1 Feb 2013


1 / 1
Bagi Winky Wiryawan, atau akrab sebagai DJ Winky, kehadiran Vespa tentunya lebih dari sekedar alat berkendara. Bersama istrinya, Kenes Andari, mereka mengakui sebagai pasangan yang gemar berpetualang menggunakan skuter Italia yang muncul sejak tahun 1946 ini. “Desainnya sangat keren dan lucu, apalagi semakin dicat berwarna-warni semakin menarik. Bahkan saya sering sekali meramal karakter seseorang dari Vespa yang dikendarainya,” ujar Winky, dalam bincang santai yang digelar PT Piaggio Indonesia baru-baru ini bersama para brand family dari Vespa.

Lalu bagaimana karakter Winky dinilai dari orang-orang sekeliling? “Mereka melihat saya sebagai orang yang senang perang. Hahaha… Karena memang Vespa pertama yang saya miliki dimodifikasi  ala Vespa tentara Jerman di zaman Nazi. Warnanya dicat menjadi abu-abu dove dan dilengkapi dengan berbagai atribut militer Jerman di Perang Dunia ke-II,” kisahnya. Salah satu pemeran di film omnibus berjudul 3SUM yang tayang di tahun 2013 ini juga menuturkan kecintaannya akan sejarah di balik Perang Dunia ke-II. “Demi obsesi mewujudkan atribut di Vespa, pernah saya mengejar Nazi war helmet di sebuah toko militer di San Fransisco. Hasilnya? Saya “sukses” diusir dari ruangan tersebut karena dianggap mencurigakan. Hahaha.. Namun, akhirnya saya berhasil menemukan helm yang serupa, meskipun jujur tak sama, di kawasan Senen, Jakarta Pusat.”

Sayangnya, kini ia telah menjual Vespa seri ET5 yang dibelinya di tahun 2005 tersebut. “Akibat jadwal yang serba padat, akhirnya benda tersebut saya jual kepada seorang teman yang memang menginginkannya.” Namun, bukan berarti ia tak lagi gemar berpetualang dengan skuter klasik ini. “Di rumah kami masih ada satu Vespa lagi, milik Kenes yang dibeli lebih dulu dari saya. Sesekali kami masih sering menggunakannya bersama,” ujar Winky, mengisahkan keakraban naik vespa bersama sang istri. (MA) Foto: Dok. PT Piaggio Indonesia, MA

 

Author

DEWI INDONESIA